Rekomendasi Baby Cream untuk Atasi Bayi Kembung atau Kolik
Rekomendasi Baby Cream untuk atasi bayi kembung atau kolik dan langkah tepat mengobatinya. (Pexels/Nataliya Vaitkevich)

SKINCARE PEDIA – Apakah bunda sering merasa panik ketika si kecil mengalami kembung atau kolik? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara-cara yang tepat untuk menangani bayi kembung atau kolik. Mari kita simak bersama!

Kembung pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah masuknya udara saat bayi menyusu, baik itu dari ASI maupun dari botol.

Selain itu, reaksi terhadap makanan tertentu atau adanya infeksi atau gangguan kesehatan lainnya juga bisa menjadi penyebabnya.

Bunda, penting untuk tidak panik ketika menghadapi situasi ini. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi kembung atau kolik pada bayi.

Langkah-Langkah Mengatasi Bayi Kembung atau Kolik

Pijat Lembut dengan Krim

Salah satu cara yang efektif adalah dengan memijat lembut perut bayi menggunakan krim khusus. Kamu bisa melakukan pijatan dengan teknik ILU.

  • Bentuk huruf “I” dari atas ke bawah di sisi kiri perut bayi.
  • Bentuk huruf “L” dari sisi kanan atas pusar, lalu turun ke bawah.
  • Bentuk huruf “U” dari sisi kiri, melengkung ke atas pusar, lalu turun ke sisi kanan perut.

Ulangi pijatan ini beberapa kali untuk membantu meredakan gas yang terperangkap di perut bayi.

Atur Posisi Menyusui yang Tepat

Pastikan posisi menyusui bayi sudah benar. Telinga, bahu, dan punggung bayi harus berada dalam satu garis lurus. Badan bayi dan badan ibu harus berhadapan dan menempel. Bantu tangan bayi untuk memeluk payudara agar bayi merasa nyaman dan pelekatannya sempurna.

Gunakan Botol Anti-Kembung

Jika bayi minum susu formula, gunakan botol dengan puting yang dirancang khusus untuk mengurangi udara yang tertelan. Ini akan membantu mengurangi risiko kembung.

Perhatikan Posisi Tidur Bayi

Setelah minum susu, letakkan bayi dalam posisi telentang dengan kepala sedikit lebih tinggi dari tubuhnya. Posisi ini membantu gas keluar lebih mudah.

Rekomendasi Baby Cream untuk Mengatasi Kembung atau Kolik

Bunda, berikut adalah beberapa produk baby cream yang bisa membantu mengatasi kembung atau kolik.

1. Bamby Sleepy Time Calming Rub Cream

Krim ini diperkaya dengan ginger yang efektif mengatasi gejala kolik dan melancarkan proses pencernaan. Ginger juga meningkatkan imunitas tubuh bayi. Selain itu, krim ini mengandung lavender dan chamomile oil yang menenangkan serta meningkatkan kualitas tidur bayi.

2. Buds Soothing Organics Calming Rub Cream

Dengan kandungan bahan organik, krim ini menghangatkan perut bayi dan mengandung peppermint yang berguna untuk menyembuhkan kolik. Produk ini sudah teruji klinis dan lolos uji Ecocert, jadi kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya.

3. Vicks Baby Balsem

Balsem ini terbuat dari lidah buaya yang menyejukkan, serta memiliki aroma minyak kayu putih, rosemary, dan lavender yang menenangkan bayi. Krim ini bisa digunakan oleh bayi mulai usia 3 bulan sampai 5 tahun.

Penutup

Sekarang kamu tidak perlu terlalu panik jika bayi mengalami kembung atau kolik. Lakukan tindakan yang tepat, seperti pijat perut bayi dan berikan krim khusus yang mampu mengatasi kolik.

Dengan langkah-langkah ini, si kecil akan merasa lebih nyaman dan kamu pun bisa lebih tenang. Selamat mencoba, bunda!***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *