Skincare Basic untuk Remaja/Freepik

SKINCAREPEDIA – Remaja seringkali memulai perjalanan mereka dalam merawat kulit dengan sedikit pengetahuan tentang skincare.

Namun, memahami dasar-dasar skincare adalah langkah penting untuk menciptakan rutinitas perawatan kulit yang sehat dan efektif.

Jangan khawatir, redaksi akan memberikan panduan singkat tentang skincare dasar untuk remaja.

Jika kamu membutuhkan informasi tersebut, simak sampai akhir.

Skincare Basic untuk Remaja

1. Pembersihan Rutin

Langkah pertama dalam perawatan kulit remaja adalah membersihkan wajah. Pastikan kamu melakukannya secara teratur.

Tidak hanya itu, kamu juga harus gunakan pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit kamu, apakah itu berminyak, kering, atau kombinasi.

Bersihkan wajah dua kali sehari, di pagi dan malam hari, untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Pelembap

Setelah membersihkan wajah, selalu gunakan pelembab ringan. Meski kulit berminyak juga membutuhkan pelembab, gunakan formula yang tidak menyumbat pori-pori.

Pelembab membantu menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi, serta mengurangi risiko munculnya jerawat dan kulit kering.

3. Serum 

Setelah itu, kamu juga harus merawat wajah dengan menggunakan serum. Kamu bisa memilih produk sesuai dengan perasa malah kulit remaja.

Misalnya, seperti jerawat, berminyak sampai bekas luka setelah jerawat sembuh. Serum kerap mengandung bahan asam salisilat, niacinamide, dan cica.

4. Sunscreen 

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk penuaan dini dan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan tabir surya setiap hari.

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher sebelum keluar rumah.

Tip Merawat Kulit Remaja 

1. Hindari Sentuhan Berlebihan

Meskipun menggoda untuk menyentuh wajah, hindari sentuhan berlebihan karena dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan memperparah jerawat.

Selain itu, jangan pernah memencet atau mengorek jerawat. Hal ini dapat meninggalkan bekas luka dan merusak kulit.

2. Perhatikan Pola Makan dan Hidrasi

Kulit sehat tidak hanya berasal dari perawatan luar, tetapi juga dari nutrisi yang kamu konsumsi.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, serta minum cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan berseri.

3. Rutin Perawatan Tambahan

Selain langkah dasar di atas, Anda juga dapat menambahkan produk perawatan tambahan sesuai kebutuhan, seperti serum anti-aging, masker wajah, atau eksfoliator.

Namun, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan dengan bijak sesuai petunjuk penggunaan.

Dengan memahami dan menerapkan skincare dasar ini, remaja dapat menjaga kulit mereka tetap sehat dan terawat.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *