Beauty

Skincare Malam Hari, Begini Urutannya yang Benar

Skincare Malam Hari, Begini Urutannya yang Benar
Ilustrasi | Ketahui urutan yang benar dalam penggunaan skincare di malam hari. (Freepik)

SKINCARE PEDIA – Apakah Anda sering melakukan perawatan wajah di malam hari? Perawatan ini sangat penting untuk dilakukan, bahkan lebih penting dibandingkan perawatan di pagi atau siang hari.

Ketika Anda tidur dan beristirahat dari segala aktivitas, kulit wajah memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat dan bercahaya.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui urutan skincare malam yang benar, sehingga hasil yang didapat belum maksimal. Mari kita bahas urutan yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil optimal dari perawatan wajah malam hari Anda.

Urutan Skincare Malam Hari yang Tepat

1. Double Cleansing

Anda mungkin sudah familiar dengan facial wash di pagi hari, tetapi untuk malam hari, double cleansing adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Double cleansing bukan berarti mencuci muka dua kali, melainkan membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup sebelum mencuci muka dengan sabun.

Anda bisa menggunakan produk seperti micellar water, milk cleanser, cleansing oil, atau cleansing balm untuk tahap ini. Double cleansing memastikan wajah Anda benar-benar bersih dari segala residu yang menempel sepanjang hari.

2. Facial Wash

Setelah double cleansing, langkah berikutnya adalah mencuci muka dengan facial wash. Facial wash membantu memastikan semua kotoran telah terangkat sempurna.

Menurut anessa.id, Anda bisa memaksimalkan penggunaan facial wash dengan durasi 30 hingga 60 detik, sambil melakukan gerakan memutar pada wajah. Teknik ini membantu membersihkan pori-pori lebih dalam dan mengurangi risiko jerawat.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah sebaiknya Anda lakukan setelah facial wash. Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi memiliki manfaat untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan mencegah pori-pori tersumbat yang bisa menimbulkan jerawat.

Namun, eksfoliasi tidak perlu Anda lakukan setiap hari, cukup 2-3 kali seminggu. Pilihlah eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghindari iritasi.

4. Serum

Setelah eksfoliasi, langkah berikutnya adalah penggunaan serum. Serum memiliki fungsi melembapkan dan menghaluskan kulit. Jika Anda menginginkan wajah yang glowing dan kulit yang lebih kencang, pilihlah serum yang mengandung Retinol.

Namun, perlu diperhatikan, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari produk yang mengandung Retinol. Serum membantu memperbaiki tekstur kulit dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit sepanjang malam.

5. Pelembap/Krim Malam

Langkah terakhir adalah mengunci semua perawatan yang telah Anda lakukan dengan pelembap atau krim malam. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kekeringan.

Krim malam umumnya memiliki fungsi khusus seperti menyamarkan kerutan dan noda hitam pada wajah, serta memberikan hidrasi yang mendalam. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Dengan mengikuti urutan skincare malam hari yang benar, Anda bisa merasakan manfaat maksimal dari setiap produk yang Anda gunakan.

Perawatan wajah yang tepat tidak hanya membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya, tetapi juga membantu mencegah masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

Mulai sekarang, pastikan Anda tidak salah lagi dalam menerapkan urutan pemakaian skincare malam hari. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan!***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *