Skincare Routine untuk Pemula/Pexels

SKINCAREPEDIA – Merawat kulit merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Jadi, kamu pun harus mempersiapkannya.

Bagi pemula, mengikuti urutan yang benar dalam rutinitas skincare sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jangan khawatir, redaksi akan menyajikan panduan skincare routine untuk pemula. Jadi, kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir ya.

Namun, sebelum kamu menerapkan skincare routine, kamu harus mengetahui beberapa hal, seperti jenis kulit, penuhi basic skincare, tambahan produk sesuai masalah kulit, dan konsisten.

Panduan Skincare Routine untuk Pemula 

1. Cleanser

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah itu kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif.

Gunakan pembersih wajah dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup.

Setelah itu, kamu bisa membersihkan wajah dengan lembut, hindari menggosok terlalu keras agar kulit tidak iritasi.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal.

Toner juga membantu mempersiapkan kulit untuk langkah perawatan selanjutnya, sehingga produk yang Anda gunakan dapat meresap lebih baik.

3. Serum

Serum adalah produk dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang dirancang untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, atau dehidrasi.

Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu dan aplikasikan setelah toner. Biasanya, cukup menggunakan beberapa tetes serum dan tepuk-tepuk lembut hingga meresap.

4. Pelembap (Moisturizer)

Sebagai informasi, pelembap mempunyai fungsi untuk mengunci kelembapan di kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda, misalnya, gunakan pelembap berbasis air untuk kulit berminyak dan pelembap berbasis krim untuk kulit kering.

Kamu harus menggunakan pelembap dua kali sehari, pagi dan malam, setelah serum.

5. Tabir Surya (Sunscreen)

Langkah terakhir di pagi hari adalah menggunakan tabir surya. Tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini, bintik hitam, dan kanker kulit.

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan 15-20 menit sebelum keluar rumah.

Apabila kamu berada di luar ruangan dalam waktu lama, pastikan untuk mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam.

6. Eksfoliasi (Exfoliation) – Opsional

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Gunakan eksfoliator satu hingga dua kali seminggu, sesuai dengan jenis kulit kamu.

Pilih produk eksfoliasi yang lembut untuk menghindari iritasi dan jangan berlebihan, karena bisa merusak lapisan pelindung kulit.

7. Masker Wajah (Face Mask) – Opsional

Masker wajah dapat memberikan manfaat tambahan seperti hidrasi, pencerahan, atau detoksifikasi kulit. Gunakan masker sesuai kebutuhan kulit kamu, biasanya sekali atau dua kali seminggu.

Pilih masker berbahan alami dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda untuk hasil terbaik.

Memulai rutinitas skincare bisa terasa membingungkan, tetapi dengan mengikuti langkah di atas, kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *