Beauty

Sunscreen atau Moisturizer Terlebih Dahulu? Ini Urutan Terbaiknya

Sunscreen atau Moisturizer Terlebih Dahulu
Ilustrasi | Urutan yang benar penggunaan sunscreen dan moisturizer. (Pexels/KATRIN BOLOVTSOVA)

 

SKINCARE PEDIA РPerawatan kulit merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita. Dalam rutinitas perawatan kulit, kita sering kali dihadapkan pada pertanyaan: apakah sebaiknya  menggunakan tabir surya (sunscreen) terlebih dahulu atau pelembap (moisturizer) terlebih dahulu?

Jawabannya mungkin tidak selalu jelas, tetapi memahami urutan yang tepat dalam penggunaan keduanya dapat memberikan manfaat maksimal bagi kulit kita.

Manfaat Sunscreen dan Moisturizer

Peran Moisturizer dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Moisturizer atau pelembap adalah salah satu langkah yang tak tergantikan dalam perawatan kulit sehari-hari. Fungsi utamanya bukan hanya sekedar memberikan kelembapan, tetapi juga membentuk lapisan pelindung yang esensial untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Lapisan ini bertugas mengunci kelembapan agar tidak menguap, sehingga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Dengan penggunaan pelembap yang teratur, kulit tidak hanya tetap lembut dan halus, tetapi juga lebih mampu menahan efek negatif dari faktor lingkungan eksternal seperti cuaca kering atau udara berpolusi.

Dengan kata lain, pelembap bukan hanya sekedar produk perawatan kulit, tetapi juga merupakan penjaga kesehatan kulit yang tidak bisa diabaikan.

Sunscreen untuk Perlindungan dari Sinar Matahari

Perlindungan terhadap sinar matahari menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kulit kita.

Salah satu efek utama dari paparan UV adalah penuaan dini. Sinar UV merusak kolagen dan serat elastin dalam kulit, menyebabkan kulit kehilangan kekenyalannya dan munculnya keriput lebih cepat.

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, di mana kulit mengalami peningkatan produksi melanin yang mengakibatkan munculnya bintik-bintik gelap atau noda pada kulit.

Bahkan lebih serius, paparan sinar UV yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit, termasuk melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit yang paling ganas.

Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, penting untuk menjadikan penggunaan tabir surya sebagai bagian integral dari rutinitas perawatan kulit kita.

Urutan Penggunaan Sunscreen dan Moisturizer yang Tepat

Urutan penggunaan sunscreen dan moisturizer menjadi perdebatan dalam dunia perawatan kulit. Meskipun tidak ada aturan baku, banyak ahli merekomendasikan penggunaan tabir surya terlebih dahulu sebelum pelembap.

Hal ini penting karena tabir surya melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan bahkan kanker kulit.

Dengan menggunakan tabir surya terlebih dahulu, Anda memberikan perlindungan maksimal terhadap kulit Anda sebelum terkena paparan sinar matahari. Aplikasi tabir surya terlebih dahulu juga memastikan bahwa pelembap dapat menyerap secara optimal ke dalam kulit.

Dengan demikian, kulit Anda tidak hanya terlindungi dari sinar matahari, tetapi juga mendapatkan manfaat kelembapan dari pelembap.

Kenapa Tabir Surya Lebih Dahulu

Ketika pelembap kita aplikasikan di atas tabir surya, ada kemungkinan bahwa lapisan pelembap akan menghalangi penyerapan tabir surya oleh kulit, mengurangi efektivitasnya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan tabir surya terlebih dahulu, Anda memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan perlindungan penuh dari sinar matahari tanpa hambatan.

Kesimpulan

Meskipun urutan ini mungkin tampak sepele, keputusan tentang apakah harus menggunakan tabir surya terlebih dahulu atau pelembap terlebih dahulu dapat berdampak pada efektivitas produk-produk perawatan kulit.

Dengan menggunakan tabir surya terlebih dahulu kemudian pelembap, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar matahari sambil tetap menjaga kelembapan dan kesehatannya.

Terpenting, selalu pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan terapkan rutinitas perawatan kulit yang konsisten untuk hasil terbaik.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *