Beauty

Tahapan Basic Skincare Bagi Pemula, Cukup 4 Tahap untuk Kulit Mulus dan Sehat

Tahapan basic skincare bagi pemula
Ilustrasi | Tahapan basic skincare bagi pemula. (Freepik)

 

SKINCARE PEDIA – Bagi kamu yang masih pemula dan baru mencoba dalam penggunaan skincare tentu masih bingung produk apa saja yang perlu kamu gunakan untuk bisa membuat wajah sehat dan glowing.

Basic skincare adalah adalah pilihan yang terbaik. Basic skincare akan membuat kulit akan menjadi lebih sehat namun jauh dari kata ribet dan tentunya murah.

Apa itu basic skincare dan apa saja produk skincare yang rekomended? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Basic Skincare?

Basic skincare adalah perawatan dasar untuk wajah, yaitu membersihkan, melembabkan, dan melindungi dari paparan sinar UV.

Bagi pemula basic skincare adalah rangkaian perawatan wajah yang cocok karena biasanya akan lebih sedikit menimbulkan wajah breakout.

Tahapan Basic Skincare Bagi Pemula

1. Cleanser (Pembersih wajah)

Tahapan basic skincare yang pertama adalah cleanser. Produk cleanser banyak jenisnya di antaranya  adalah milk cleanser, micellar water, dan oil cleansing.

Cleanser berfungsi untuk membersihkan wajah dari debu – debu yang menempel serta membersihkan wajah dari sisa make up.

Setelah memakain cleanser kamu bisa melanjutkan tahapan dengan facial wash / pencuci wajah. Facial wash penting karena akan memaksimalkan pembersihan wajah dan membuat produk skincare selanjutnya akan lebih efektif dalam bekerja.

2. Toner

Setelah memastikan wajah bersih dari debu dan sisa make up, kamu bisa aplikasikan toner ke wajahmu. Melansir dari Anessa.id penggunaan toner akan mengembalikan pH kulit kita menjadi normal sehingga akan lebih siap untuk menggunakan produk skincare selanjutnya.

Dalam penggunaan toner ini kamu harus memperhatikan jenis kulit yang kamu miliki. Jika kamu memiliki jenis kulit kering maka pilihlah toner yang mengandung bahan pelembab seperti hyaluronic acid, Ceramide, dan Glyceryn.

Sedangkan jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kemerahan dan berjerawat, pakailah shooting toner yang memiliki kandungan seperti Panthenol atau calendula. Jika kulitmu berminyak dan memilki banyak komedo pilihlah  exfoliating toner yang memilkik kandungan seperti glycolic acid atau salisilic acid.

3. Moisturizer atau Pelembab Wajah

Setelah penggunaan toner, tahapan basic skincare yang selanjutnya adalah moisturizer atau pelembab wajah. Penggunaan moisturizer pada wajah sangat penting.

Dengan mengaplikasikan moisturizer, kulit wajah kamu akan terjaga kelembabannya. Selain itu juga akan mencegah timbulnya masalah pada kulit kamu seperti kulit kering atau jerawat.

Tidak hanya itu moisturizer akan mengembalikan fungsi kulit wajah dengan baik dan membuat awet muda.

4. Sunscreen

Sunscreen adalah produk skincare yang tidak boleh terlewatkan. Sekalipun kamu hanya berkegiaan di dalam ruangan, sunscreen ini tidak boleh di skip.

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit wajahmu dari sinar matahari tetapi juga dari paparan sinar lampu dan radiasi dari layar ponsel.

Jika melewatkan sunscreen dalam rangkaian skincare, hal ini akan membuat kulit wajahmu muncul flek hitam bahkan bisa membuat kulit wajah terbakar sinar matahari yang parahnya akan menyebabkan kanker kulit.

Dalam penggunaan sunscreen harus reapply setiap 3 jam sekali agar sunscreen berkerja dengan maksimal.

Itulah tahapan basic skincare bagi pemula seperti kamu. Selamat mencoba.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *