Terus-terusan Jadi Acne Fighter? Inilah Penyebab Jerawat Tak Kunjung Sembuh
Ketahui penyebab jerawat tak kunjung sembuh agar tidak lagi menjadi Acne Fighter. (Pexels/Anna Nekrashevich)

SKINCARE PEDIA – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Faktornya beragam, mulai dari cuaca, suhu udara, rutinitas sehari-hari, perubahan kondisi kulit bahkan faktor hormon.

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang berasal dari kelenjar minyak yang mengental dalam kulit. Menurut medis, jerawat bisa disebabkan karena peningkatan hormon androgen.

Hormon ini mengalami peningkatan ketika masa pubertas, untuk itu tidak heran jika banyak para remaja yang sering mengalami masalah jerawat.

Seiring dengan berjalannya waktu, memasuki usia 20 an hormon androgen mengalami penurunan. Mungkin bagi kamu yang sering mengalami masalah jerawat tentu pernah dengan istilah acne fighter. Apa dan siapa sih acne fighter?

Apa itu Acne Fighter?

Perlu kamu tahu jerawat itu memiliki tingkatan dari ringan hingga berat. Jerawat ringan berupa komedo-komedo. Sedangkan jerawat tinggi adalah kondisi wajah yang berjerawat, terkadang sulit untuk diatasi.

Perlu rangakaian treetment khusus dan membutuhkan waktu yang lama. Orang dengan kondsi seperti ini biasanya disebut acne fighter. Istilah lainnya acne fighter adalah orang yang berbakat berjerawat.

Biasanya karena kesalahan sepele saja jerawat mudah muncul di wajahnya. Mereka memiliki tantangan dan perjuangan tersendiri dalam mengatasi masalah jerawatnya.

Ada beberapa penyebab yang memaksa seseorang menjadi acne fighter. Apa saja penyebab jerawat tidak kunjung sembuh? Inilah penjelasannya.

Penyebab Jerawat Tak Kunjung Sembuh?

  1. Sering Menyentuh Jerawat

Penyebab jerawat tak kunjung sembuh yang pertama adalah karena kamu sering menyentuh jerawat. Kebiasan buruk ini justru akan mentrasfer bakteri dari tangan ke jerawat sehingga akan memperburuk kondisinya.

Apalagi jika kamu senang memencet jerawat, ini akan menyebabkan jerawat akan pecah dan tak kunjung kering bahkan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat baru.

  1. Memakai Produk Berbahan Aktif yang Berlebihan

Berlebihan dalam menggunakan produk berbahan aktif juga menjadi salah satu penyebab jerawat tak kunjung sembuh.

Sebaiknya menggunakan produk khusus jerawat berbahan aktif dengan takaran secukupnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

  1. Mengikuti Perawatan DIY tanpa riset

Perawatan DIY (do it yourself) yaitu suatu resep perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah. Untuk itu jangan gegabah untuk mencoba resep DIY tanpa kamu riset terlebih dahulu.

Sebaiknya telusuri dulu apa efek sampingnya dan apakah resep tersebut cocok untuk kulit kamu yang berjerawat itu.

  1. Melewati Penggunaan Produk Skincare

Alasan lain yang menyebabkan jerawat kamu tak kunjung sembuh adalah karena melewati penggunaan skincare lain.

Terkadang ketika sedang mengalami masalah jerawat, seseorang akan fokus pada jerawatnya saja. Padahal produk skincare lain seperti sunscreen ataupun pelembab juga memiliki peran dalam proses penyembuhan jerawat.

  1. Kurang Konsisten

Meskipun kamu sudah menggunakan produk khusus jerawat dengan harga mahal sekalipun, jika kamu tidak konsisten akan berujung sia- sia. Karena itulah, jerawat kamu tak kunjung sembuh.

Umumnya proses perawatan wajah berjerawat berlangsung selama 6 minggu baru terlihat hasilnya.

Seorang acne fighter harus konsisten dan sabar untuk mengatasi masalahnya. Untuk itu coba hindari dan hilangkan kebiasan buruk di atas agar jerawatmu cepat kempes dan kamu akan terbebas dari julukan acne fighter. Semangat!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *