Tips Menggunakan Skincare saat Ibadah Haji, Kulit Tetap Sehat Terawat dan Menjadi Haji Mabrur
Tips menggunakan skincare saat ibadah Haji. (Pexels/Mutahir Jamil)

SKINCARE PEDIA – Saat ini jamaah haji Indonesia berangkat ke tanah suci untuk bersiap menjalankan rukun Islam kelima.

Sebelum berangkat ke tanah suci para calon jamaah haji perlu mempersiapkan berbagai hal untuk mendukung kelancaran ibadahnya. Tak terkecuali persiapan kebutuhan perawatan diri terutama perawatan wajah.

Perbedaan suhu di Indonesia dan tanah suci sangat ekstrim, suhu di sana bisa mencapai 40 derajat pada siang hari, sedangkan di malam hari suhunya bisa sangat rendah serta kelembabannya pun rendah.

Kondisi seperti ini menjadikan kulit kering, dehidrasi, bahkan tak jarang yang mengalami kondisi kulit terbakar. Masalah kulit seperti ini tentu membutuhkan perawatan kulit ekstra.

Berikut ini tips dan hal-hal yang harus dipesiapkan untuk jamaah haji dalam merawat kulit.

Tips menggunakan Skincare saat Ibadah Haji

1. Memenuhi Syarat Ihram

Skincare yang digunakan bukan hanya mampu melindungi dan mengatasi masalah kulit, tetapi juga harus memenuhi syarat ihram.

Ketika menjalani ibadah haji tidak diperkenankan memakai skincare yang mengandung alkohol, fragrance, dan harus dipastikan produk skincare yang skin lovers pakai ada logo halalnya.

2. Pembersih Wajah yang Ringan

Gunakanlah sabun pembersih wajah yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Hindari kandungan SLS pada sabun yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Sabun pembersih yang tidak terlalu banyak busanya menjadikan kulit lebih bersih dan melembabkan.

3. Moisturizer

Pilihlah moisturizer yang memberikan kelembaban ekstra dan terhindar dari dehidrasi serta iritasi. Saat ini sudah ada beberapa produk skincare yang dirancang khusus untuk  jamaah haji, contohnya dari wardah, sariayu dan saafar.

Formulanya memberikan ekstra hidrasi yang akan membuat kulit tetap nyaman dan lembab meskipun pada cuaca panas.

4. Proteksi wajah

Suhu di tanah suci yang bisa sampai 40 derajat tentu sangat menyengat. Panas ekstrim seperti ini mengharuskan kulit untuk mendapatkan tingkat proteksi yang tinggi.

Sebaiknya pilih tabir surya jenis physical sunscreen yang minim iritasi. Jangan lupa untuk selalu reapply setiap 2 jam sekali dan setelah berwudhu agar wajah mendapat perlindungan yang maksimal.

5. Makanan dan Minuman yang Cukup

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan. Selain itu, cairan dalam tubuh harus tetap tercukupi agar tidak dehidrasi. Selalu sediakan air putih dalam kemasan untuk menjaga kesehatan tubuh beserta kulit.

Setelah mengetahui tips menggunakan skincare saat Haji , tentu saja jangan lupa persiapkan barang bawaan seperti kebutuhan pribadi sebagai alat tempur merawat kulit yaitu skincare.

Periksa secara teliti agar tidak ada yang tertinggal. Skincare yang bisa kamu bawa ketika berangkat haji di antaranya adalah gentle cleanser, moisturizer, sunscreen, lip balm ,dan dan face mist. Jangan lupa terapkan tips di atas agar kulit tetap glowing ibadah pun khusyuk. Selamat menjalankan ibadah haji.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *