Beauty

Urutan Basic Skincare yang Tepat untuk Hasil Maksimal

Urutan Basic Skincare yang Tepat
Ilustrasi | Urutan penggunaan basic skincare yang tepat untuk hasil yang maksimal. (Pexels/Antoni Shkraba)

 

SKINCARE PEDIA – Perawatan kulit wajah atau skincare adalah salah satu rutinitas penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Meskipun produk skincare sangat beragam dan kompleks, ada urutan dasar yang perlu kita ikuti agar hasil yang diperoleh maksimal. Dalam artikel ini akan dibahas urutan basic skincare yang bisa menjadi panduan Anda.

Urutan Basic Skincare yang Tepat

Pembersih

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah. Pembersih atau cleanser berfungsi untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel pada kulit.

Pilihlah cleanser yang sesuai dengan jenis kulit Anda, baik itu gel, foam, cream, atau oil-based cleanser. Bagi pemilik kulit kering, dianjurkan untuk menggunakan cream atau oil-based cleanser yang mampu menjaga kelembapan kulit.

Sementara itu, untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih gel atau foam cleanser yang efektif mengontrol produksi minyak. Untuk kulit sensitif, gunakanlah pembersih dengan formula lembut dan bebas pewangi agar tidak menyebabkan iritasi.

Penggunaan Toner

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner berperan penting dalam mengembalikan pH kulit yang mungkin terganggu selama proses pembersihan.

Selain itu, toner juga membantu menghidrasi kulit dan mempersiapkannya untuk penyerapan produk skincare berikutnya. Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan memilih toner dengan kandungan astringen ringan seperti witch hazel untuk membantu mengontrol produksi minyak.

Sementara itu, bagi yang memiliki kulit kering, sebaiknya memilih toner yang menghidrasi dan bebas alkohol agar kulit tetap lembap dan terhindar dari kekeringan.

Serum

Serum adalah produk dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi, dirancang khusus untuk menargetkan masalah kulit spesifik seperti jerawat, penuaan, atau hiperpigmentasi. Teksturnya yang lebih ringan dan kemampuan menyerap yang lebih cepat dibandingkan pelembap membuat serum sangat efektif.

Untuk kulit berjerawat, pilih serum yang mengandung salicylic acid atau niacinamide. Bagi yang menghadapi tanda-tanda penuaan, serum dengan retinol atau vitamin C adalah pilihan yang tepat.

Sementara itu, kulit kusam akan mendapatkan manfaat maksimal dari serum yang mengandung hyaluronic acid, yang memberikan hidrasi dan efek pencerahan.

Pelembab

Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga sangat penting bagi semua jenis kulit, bahkan bagi kulit berminyak sekalipun.

Memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap yang kaya dan creamy untuk memberikan hidrasi yang intensif.

Sementara itu, bagi kulit berminyak, pelembap yang ringan dan berbasis gel adalah pilihan terbaik agar tidak menambah kilau berlebih.

Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi, pilihlah pelembap yang dapat memberikan keseimbangan antara hidrasi dan kontrol minyak, sehingga seluruh area wajah mendapatkan perawatan yang tepat.

Tabir surya

Langkah terakhir dan sangat penting dalam rutinitas basic skincare adalah penggunaan tabir surya. Tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini, flek hitam, dan bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau Anda berada di dalam ruangan. Untuk kulit berminyak, pilihlah sunscreen berbahan dasar air atau gel yang tidak menyumbat pori-pori.

Sementara itu, bagi pemilik kulit kering, sebaiknya gunakan sunscreen yang juga memiliki kandungan pelembap. Untuk kulit sensitif, pilih sunscreen dengan kandungan mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide agar lebih lembut dan tidak menimbulkan iritasi.

Kesimpulan

Dengan mengikuti urutan basic skincare ini secara rutin, Anda dapat menjaga kesehatan kulit wajah dan memperoleh hasil yang optimal. Pastikan untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan spesifik kulit Anda.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *