Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari yang Benar, Perhatikan Perbedannya!
Urutan pemakaian skincare pagi dan malam hari yang benar. (Pixabay/ huyenxu94)

SKINCARE PEDIA – Memiliki rutinitas skincare yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Demi mencapai impian kulit cantik dan bercahaya, rutin skincare pagi dan malam mesti dilakukan secara konsisten.

Berikut ini adalah panduan tentang cara dan urutan pemakaian skincare di pagi dan malam hari yang benar.

 

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

1. Sabun Pembersih Wajah

Langkah pertama dalam rutinitas skincare pagi hari adalah membersihkan wajah. Gunakan sabun pembersih khusus wajah, baik itu facial wash atau facial foam, yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Toner Wajah

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan toner. Toner membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel di kulit. Selain itu, toner juga berfungsi menyeimbangkan pH kulit.

3. Essence

Essence adalah produk yang mengandung bahan aktif untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Banyak wanita yang memasukkan essence dalam rutinitas perawatan wajah harian mereka karena efektivitasnya.

4. Serum Wajah

Langkah selanjutnya adalah menggunakan serum wajah. Serum adalah cairan ringan dengan konsentrasi zat aktif yang tinggi, seperti vitamin C, hyaluronic acid, atau retinol, yang bekerja efektif pada lapisan kulit yang lebih dalam.

5. Pelembap (Moisturizer)

Setelah serum, aplikasikan pelembap. Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan di kulit dan mencegah kekeringan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, kemudian ratakan ke seluruh wajah.

6. Tabir Surya (Sunscreen)

Langkah terakhir dalam rutinitas pagi adalah menggunakan tabir surya. Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko kanker kulit.

 

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

1. Make Up Remover

Saat malam hari, penting untuk melakukan double cleansing setelah seharian beraktivitas. Langkah pertama adalah menggunakan make up remover untuk mengangkat seluruh kotoran dan riasan yang menempel di wajah.

2. Sabun Pembersih Wajah

Setelah make up remover, cuci wajah dengan sabun pembersih wajah (facial wash) untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang mungkin masih tertinggal.

3. Toner

Gunakan toner sebagai langkah selanjutnya dalam rutinitas skincare malam. Toner membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal dan menyeimbangkan pH kulit.

4. Serum Wajah

Setelah toner, aplikasikan serum wajah. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda di malam hari, seperti serum dengan kandungan niacinamide, hyaluronic acid, atau glycolic acid, yang membantu proses regenerasi kulit selama tidur.

5. Krim Mata

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan area sekitar mata, seperti mata panda atau kerutan, gunakan krim mata. Krim ini membantu melembapkan dan merawat kulit halus di sekitar mata.

6. Pelembap (Moisturizer)

Gunakan pelembap untuk mengunci seluruh rangkaian skincare yang sudah diaplikasikan sebelumnya. Pelembap malam biasanya lebih kaya dan memberikan hidrasi intensif untuk membantu proses perbaikan kulit semalaman.

7. Lip Balm atau Lip Serum

Jangan lupa merawat bibir Anda. Gunakan lip balm atau lip serum sebagai langkah terakhir dalam rutinitas skincare malam. Ini penting terutama bagi Anda yang memiliki bibir kering dan mengelupas.

Cara di atas mengenai urutan pemakaian skincare yang benar di pagi dan malam hari, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, terlindungi, dan tampak lebih muda.

Konsisten dan pemilihan produk yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *