Beauty

Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari, Ketahui Bedanya!

Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari
Ilustrasi | Ketahui urutan perbedaan pemakaian skincare di pagi dan malam hari. (Freepik)

 

SKINCARE PEDIA – Mengetahui urutan pemakaian skincare hal yang penting kita ketahui. Sekalipun kamu memakai produk skincare yang mahal atau viral saja tidak akan cukup membuat wajah kamu menjadi glowing.

Penggunaan skincare tidak hanya kita lakukan ketika pagi atau siang saja. Saat malam ketika kamu tidur dan beristirahat dari segala aktivitas pun perlu adanya penggunaan skincare.

Pada umumnya, skincare routine pagi dan malam jelas berbeda. Kamu perlu mengetahui bagaimana urutan pemakaian skincare seperti apa. Di bawah ini kami sajikan urutan pemakaian skincare pagi dan malam.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

1. Facial Wash (Pembersih Wajah)

Urutan skincare pada pagi hari kita mulai dengan membersihkan wajah dengan sabun. Penggunaan facial wash pada pagi hari ini bertujuan membersihkan wajah dari kotoran yang menempal di bantal maupun selimut.

2. Toner

Sebelum penggunaan toner pastikan wajah kamu kering terlebih dahulu. Selanjutnya kamu gunakan toner pada wajah kamu dengan kapas.

3. Serum/Essence

Setelah menggunakan toner, urutan skincare pagi hari selanjutnya adalah penggunaan serum/essence. Serum akan menutrisi dan dan menenangkan kulit wajah kamu

4. Moisturizer

Tahap selanjutnya adalah menggunakan moisturizer. Ini berfungsi untuk melembabkan kulit wajah.

5. Sunscreen

Urutan skincare pagi hari yang paling penting dan tidak boleh kita tinggalkan adalah sunscreen. Sunscreen inilah yang akan melindungi wajah kamu dari sinar UV dan UVB.

Untuk mendapatkan perlindungan yang cukup, kamu harus memilih sunscreen dengan minimal kandungan SPF 30.

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

1. Double Cleansing

Jika urutan skincare pada pagi hari adalah facial wash, bebeda dengan malam hari di mana kamu wajib melakukan double cleansing terlebih dahulu. Jika kamu masih berfikir double cleansing itu cuci muka dua kali itu salah!

Double cleansing adalah proses pembersihan wajah dari kotoran maupun sisa make up sebelum kamu cuci muka dengan sabun. Double cleansing bisa menggunakan micellar water, milk cleanser, cleansing oil maupun cleansing balm.

2. Facial Wash

Setelah melakukan double cleansing, urutan pemakaian skincare malam hari adalah facial wash.  Penggunaan facial wash pada malam hari tentu akan lebih memastikan kalau wajah kamu bersih.

Mengutip dari anessa.id, kamu bisa menggunakan facial wash secara optimal dengan durasi 30 detik sampai 60 detik dengan gerakan memutar pada bagian wajah.

3. Exfoilasi

Urutan pemakain skincare malam hari selanjutnya adalah exfoilasi wajah. Menurut American Academy of Dermatology, exfoilasi wajah memilki manfaat untuk mebuat wajah tampak lebih cerah.

Selain itu juga dapat mencegah pori –pori tersumbat yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat. Exfoilasi tidak kita lakukan setiap hari, cukup 2 – 3 kali dalam seminggu.

4. Serum

Selanjutnya setelah menggunakan exfoliating toner, kamu bisa menggunakan serum yang fungsinya melembabkan dan menghaluskan kulit.

Untuk mendapatkan wajah yang glowing dan kulit wajah lebih kencang bisa menggunakan serum yang mengandung Retinol. Namun, kandungan ini sebaiknya kamu hindari jika tengah hamil atau menyusui.

5. Pelembab/Krim Malam

Tahapan terakhir pada urutan pemakain skincare malam hari jangan lupa untuk kunci dengan pelembab. Sebagian orang juga lebih memilih krim malam sebagai skincare wajib malam hari.

Pada umumnya krim malam ini memilki fungsi khusus yaitu melembabkan kulit serta menyamarkan kerutan dan noda hitam pada wajah.

Itulah urutan pemakaian skincare pada pagi dan malam hari yang dapat kamu lakukan mandiri di rumah.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *