Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari yang Benar, Ketahui Kenapa Wajah Membutuhkannya?
Ilustrasi | Urutan pemakaian skincare pagi dan malam hari yang benar. (Pixabay/ Tumisu)

SKINCARE PEDIA –¬†Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah memerlukan rutinitas skincare yang tepat.

Pemakaian produk skincare dalam urutan yang benar sangat penting agar setiap produk dapat bekerja maksimal dan memberikan hasil yang optimal.

Berikut adalah panduan urutan pemakaian skincare yang benar untuk pagi dan malam hari, serta alasan mengapa kulit wajah membutuhkannya.

Rutinitas Pemakaian Skincare di Pagi Hari

1. Sabun Pencuci Wajah

Langkah pertama dalam rutinitas pagi adalah membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah. Pembersihan ini penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa produk skincare yang digunakan semalam. Kulit yang bersih membantu produk skincare selanjutnya menyerap lebih baik.

2. Toner

Setelah mencuci wajah, gunakan toner. Toner berfungsi untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang setelah dibersihkan, serta menghidrasi dan mempersiapkan kulit untuk langkah berikutnya.

3. Serum

Serum adalah produk konsentrat tinggi yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit spesifik, seperti penuaan, hiperpigmentasi, atau jerawat. Aplikasikan serum setelah toner untuk memastikan bahan aktifnya dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.

4. Moisturizer

Pelembap adalah langkah penting untuk mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Moisturizer membantu memperkuat barrier kulit dan melindungi dari faktor eksternal seperti polusi dan perubahan cuaca.

5. Krim Mata

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Krim mata dirancang khusus untuk merawat masalah seperti lingkaran hitam, kerutan, dan kantung mata. Aplikasikan krim mata dengan lembut menggunakan jari manis.

6. Sunscreen

Langkah terakhir dan paling krusial di pagi hari adalah penggunaan sunscreen. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan kanker kulit. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ untuk perlindungan optimal.

Rutinitas Pemakaian Skincare di Malam Hari

1. Pembersih Makeup

Jika Anda menggunakan makeup, langkah pertama adalah menghapus makeup dengan pembersih khusus. Ini penting untuk memastikan tidak ada sisa makeup yang tertinggal, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Pembersih Wajah atau Facial Wash

Setelah menghapus makeup, bersihkan wajah dengan pembersih wajah. Ini akan menghilangkan sisa makeup, kotoran, dan minyak yang menumpuk sepanjang hari.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu, tergantung pada jenis kulit Anda, untuk menjaga kulit tetap cerah dan halus.

4. Toner

Seperti di pagi hari, toner digunakan untuk mengembalikan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk langkah berikutnya dalam rutinitas malam.

5. Serum Malam

Serum malam biasanya diformulasikan untuk perbaikan dan regenerasi kulit selama tidur. Gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti retinol untuk anti-aging atau niacinamide untuk mengatasi hiperpigmentasi.

6. Krim Mata

Aplikasikan kembali krim mata di malam hari untuk memberikan perawatan ekstra pada area sekitar mata.

7. Pelembap Malam

Pelembap malam cenderung lebih kaya dan berat dibandingkan pelembap pagi. Gunakan pelembap malam untuk membantu proses regenerasi kulit selama tidur dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Mengapa Wajah Membutuhkan Rutinitas Skincare?

Kulit wajah membutuhkan perawatan khusus karena terus menerus terpapar lingkungan luar, seperti sinar UV, polusi, dan kotoran.

Produk skincare yang digunakan dalam urutan yang benar memastikan setiap produk dapat bekerja secara efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi kulit..***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *