Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Benar untuk Kulit Cantik Bersinar
Urutan skincare pagi dan malam yang benar untuk kulit cantik bersinar. (Pexels/Sarah Chai)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu tahu bahwa urutan penggunaan skincare sangat penting? Penggunaan skincare yang asal-asalan bisa membuat kinerja produk menjadi kurang efektif dan hasilnya pun tidak maksimal.

Untuk mencegah masalah kulit, kamu harus melakukan perawatan kulit secara rutin dan dengan cara yang benar.

Perawatan Kulit di Rumah Tidak Perlu Mahal

Perawatan kulit yang maksimal tidak selalu harus dilakukan di klinik kecantikan yang mahal. Kamu bisa melakukan perawatan kulit di rumah dengan hasil yang sama baiknya, asalkan dilakukan dengan urutan dan cara yang tepat.

Yuk, simak cara perawatan kulit yang benar agar kamu bisa memiliki kulit yang sehat dan cerah tanpa perlu keluar rumah!

Urutan Skincare Pagi Hari

1. Sabun Wajah

Pagi hari, mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Gosok perlahan wajah dan lakukan pijatan lembut untuk membantu wajah tampak segar dan bersih.

2. Toner

Setelah wajah kering, tuangkan toner pada telapak tangan dan usapkan ke wajah. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan wajah untuk tahap skincare berikutnya.

3. Serum

Tambahkan serum untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti untuk hidrasi, mencerahkan, atau anti-penuaan.

4. Pelembab

Oleskan pelembab untuk mengunci kelembaban kulit. Pelembab penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Pastikan memilih pelembab yang noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

5. Sunscreen

Langkah terakhir di pagi hari adalah menggunakan sunscreen. Aplikasikan sunscreen sekitar 15 menit sebelum beraktivitas, bahkan saat kamu berada di dalam rumah. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menembus jendela.

Urutan Skincare Malam Hari

1. Double Cleansing

Setelah beraktivitas seharian, wajah kamu perlu dibersihkan dari debu dan kotoran. Lakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water atau produk cleansing lainnya. Usapkan produk pada kapas dan gosok perlahan hingga kotoran terangkat sempurna.

2. Face Wash

Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan face wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Bilas dan keringkan dengan tisu wajah atau handuk khusus.

3. Toner

Meskipun sebagian orang menganggap toner tidak terlalu penting, penggunaannya di malam hari bisa membantu menjaga kelembaban kulit selama tidur.

4. Serum atau Obat Jerawat

Gunakan serum setelah toner untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti kerutan, hiperpigmentasi, atau kulit kering. Jika kamu memiliki masalah jerawat, aplikasikan krim khusus jerawat sebelum tidur.

5. Eye Cream

Tahapan ini opsional, tergantung kebutuhan kulitmu. Eye cream biasanya digunakan untuk mengatasi kantong mata atau mata panda.

6. Moisturizer atau Night Cream

Langkah terakhir adalah penggunaan moisturizer atau night cream. Saat tidur, kulit cenderung lebih kering, jadi gunakan produk ini untuk mengunci kelembaban dan memberi nutrisi pada kulit.

Skincare yang Efektif di Rumah

Melakukan perawatan kulit di rumah itu mudah, bukan? Asalkan kamu mengikuti urutan yang benar, kulit sehat dan cerah bisa kamu dapatkan tanpa perlu ke klinik kecantikan.

Ingat, konsistensi adalah kunci. Jadi, jangan malas untuk skincare-an setiap hari, ya!

Dengan perawatan rutin dan menggunakan produk yang tepat, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dan mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba dan semoga kulitmu semakin sehat dan bercahaya!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *