Urutan Skincare Terbaik/Freepik

SKINCAREPEDIA – Perawatan kulit yang efektif membutuhkan urutan penggunaan produk yang tepat. Dengan begitu, wajah kamu auto glowing.

Menariknya, masing-masing produk memiliki peran spesifik, dan mengaplikasikannya dalam urutan skincare yang benar bisa membantu kamu dapat manfaat maksimal.

Nah, jangan khawatir, redaksi akan menyajikan urutan penggunaan skincare yang terbaik. Jika Anda penasaran, bisa simak sampai akhir.

Urutan Penggunaan Skincare yang Terbaik

1. Cleanser

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Pembersih wajah menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup yang menempel di kulit, memungkinkan produk skincare selanjutnya bekerja lebih efektif.

Kemudian, pastikan kamu menggunakan pembersih berbasis air atau minyak. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan toner untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran yang mungkin tertinggal.

Selain itu, toner juga mempersiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan berikutnya dengan lebih baik.

Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat untuk hidrasi atau witch hazel untuk kulit berminyak.

3. Serum

Serum adalah produk dengan konsentrasi tinggi bahan aktif yang menargetkan masalah kulit spesifik seperti penuaan, hiperpigmentasi, atau dehidrasi.

Gunakan serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit atau retinol untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

4. Essence

Essence, yang populer dalam rutinitas skincare Korea, membantu meningkatkan hidrasi kulit dan memaksimalkan penyerapan produk lainnya.

Sementara itu, Essence biasanya lebih ringan daripada serum dan dapat membantu memperbaiki kulit kusam serta meningkatkan elastisitas.

5. Eye Cream

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan rentan terhadap tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Kemudian, aplikasikan krim mata dengan lembut menggunakan jari manis untuk memberikan hidrasi dan perlindungan ekstra di area ini.

6. Moisturizer

Moisturizer atau pelembap adalah langkah penting untuk mengunci semua produk yang telah diaplikasikan sebelumnya dan menjaga kelembapan kulit.

Selanjutnya, pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit kamu—gel moisturizer untuk kulit berminyak atau cream moisturizer untuk kulit kering.

7. Sunscreen (Pagi Hari)

Langkah terakhir dalam rutinitas skincare pagi adalah penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Sunscreen melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Kemudian, aplikasikan sunscreen secara merata di seluruh wajah dan leher.

8. Masker (Opsional)

Masker wajah bisa digunakan satu atau dua kali seminggu untuk memberikan perawatan tambahan pada kulit.

Pilih masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti masker hidrasi untuk kulit kering atau masker clay untuk kulit berminyak.

Dengan mengikuti urutan penggunaan skincare ini, kamu dapat memastikan setiap produk bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *