Urutan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Rekomendasi Kandungannya
Urutan skincare yang aman untuk ibu hamil beserta kandungan skincare yang aman. (Pexels/Danilyuk)

SKINCARE PEDIA – Perubahan yang terjadi pada kulit wajah selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar dan tidak terelakan.

Hal ini terjadi kerena faktor hormonal. Meskipun ini hal yang normal namun skin lovers juga perlu melakukan perawatan agar kulit wajah tetap terlihat glowing dan cantik meskipun sedang hamil.

Selama hamil, skin lovers harus tetap melakukan perawatan kulit secara rutin, dan tentunya dengan produk-produk yang terjamin keamanannnya untuk ibu hamil. Adapun urutan skincare yang aman untuk ibu hamil, mari simak di bawah ini.

Urutan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Perawatan kulit untuk ibu hamil bisa dilakukan sejak trimester pertama. Berikut ini urutan skincare dan kandungan yang aman untuk ibu hamil.

  1. Cuci Muka dengan Sabun Pembersih yang Ringan

Langkah pertama perawatan kulit adalah dengan membersihkan wajah, kamu bisa mencuci muka dengan menggunakan air hangat. Hindari sabun muka dengan kandungan alkohol dan SLS.

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil yakni niacinamide. Bahan ini merupakan anti inflamasi dan mampu menghidarasi kulit

Selain itu, kandungan lain pada cleanser yang aman untuk ibu hamil adalah panthenol dan allantoin yang mampu menenangkan kulit dan melindungi kulit dari risiko iritasi.

  1. Gunakan Serum

Setelah cuci muka, kamu bisa gunakan serum untuk memberi nutrisi pada kulit. Gunakan serum yang aman untuk ibu hamil dan tanpa efek samping.

Biasanya pada masa kehamilan, kulit wajah rentan berjerawat atau mengalami masalah kulit kusam, untuk itu bumil bisa gunakan serum dengan kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan serta hyaluranic acid yang dapat menghidrasi kulit.

  1. Gunakan Moisturizer atau Pelembab

Setelah menggunakan serum, selanjutnya oleskan moistuzer atau pelembab pada wajah. Tentunya harus memilih produk moisturizer dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil.

Contoh kandungan terbaik untuk ibu hamil adalah shea butterShea butter adalah lemak yang berasal dari kacang pohon shea dan memiliki sifat anti-inflamasi serta kandungan minyaknya dapat melembabkan kulit.

Kandungan lain yang aman untuk ibu hamil yakni ceramide yang berguna untuk menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit. Kandungan glycolic acid yang berguna untuk meratakan warna kulit serta menghaluskan tekstur kulit.

  1. Mengoleskan Sunscreen pada Wajah

Urutan yang terakhir dalam penggunaan skincare ketika hamil adalah dengan mengoleskan sunscreen ke wajah. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit bumil dari bahaya sinar uv, apalagi jika sedang berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Melansir dari halodoc.com, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) bahkan merekomendasikan penggunaan sunscreen ketika hamil dapat mencegah melasma, yaitu bintik- bintik gelap yang disebabkan oleh produksi melanin dalam tubuh yang meningkat.

Meskipun dianjurkan untuk menggunakan sunscreen, tapi ibu hamil tetap pertimbangkan beberapa produk yang berbahaya seperti xybenzoneoctinoxate, serta turunan vitamin A.

lebih baik pilih sunscreen dengan kandungan titanium dioxide atau zinc oxide. Atau dalam istilah lain, ibu hamil disarankan untuk menggunakan physical sunscreen daripada chemical sunscreen.

Demikian urutan skincare yang aman untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa terapkan agar kulit tetap glowing meski sedang hamil.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *