Urutan Skincare yang Tepat untuk Kulit Berjerawat, Jangan Asal Pakai Produk
Urutan penggunaan skincare yang tepat untuk kulit berjerawat. (Pixabay/bridgesward)

SKINCARE PEDIA – Merawat kulit berjerawat memerlukan pendekatan yang hati-hati dan tepat agar kulit tetap sehat dan jerawat berkurang. Memilih skincare yang benar adalah hal wajib bagi kulit berjerawat.

Tahapan penggunaan skincare pun juga harus benar agar tidak menimbulkan masalah baru pada kulit berjerawat. Berikut ini adalah urutan skincare yang efektif untuk kulit berjerawat.

Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat

1. Double Cleansing

Double cleansing adalah langkah pertama yang sangat penting untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Langkah ini terdiri dari dua tahap:

  • Cleansing Oil atau Micellar Water: Langkah pertama adalah menggunakan cleansing oil atau micellar water untuk mengangkat makeup, kotoran, dan minyak berlebih. Produk berbasis minyak efektif mengangkat kotoran yang larut dalam minyak dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Foam Cleanser: Langkah kedua adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih berbusa (foam cleanser) yang sesuai dengan jenis kulit berjerawat. Pilih pembersih yang lembut dan bebas dari bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori.

Double cleansing membantu memastikan bahwa semua kotoran dan residu dari makeup atau produk lainnya terangkat sempurna, sehingga kulit siap menerima perawatan selanjutnya.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang dan menghilangkan sisa kotoran yang mungkin tertinggal.

Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid atau tea tree oil yang membantu mengurangi jerawat dan memiliki sifat anti-bakteri.

3. Serum

Serum adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang tinggi dan bekerja lebih dalam pada lapisan kulit. Untuk kulit berjerawat, pilih serum yang mengandung bahan seperti niacinamide, salicylic acid, atau benzoyl peroxide.

Niacinamide membantu mengurangi peradangan dan kemerahan, sementara salicylic acid dan benzoyl peroxide membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhan.

4. Terapkan Perawatan atau Obat Jerawat

Setelah menggunakan serum, langkah berikutnya adalah menerapkan perawatan khusus atau obat jerawat.

Terapkan produk ini langsung pada area yang berjerawat atau di seluruh wajah jika diperlukan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk untuk menghindari iritasi.

5. Gunakan Pelembap

Kulit berjerawat tetap memerlukan pelembap untuk menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Pilih pelembap yang ringan, non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori), dan bebas minyak.

Bahan-bahan seperti hyaluronic acid, ceramides, dan aloe vera baik untuk menjaga kulit tetap lembap tanpa membuatnya berminyak.

6. Sunscreen

Langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen penting untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30.

Terapkan sunscreen sebagai langkah terakhir setiap pagi, bahkan saat cuaca mendung atau Anda berada di dalam ruangan.

Setelah melakukan tahapan di atas jangan lupa pantangan untuk wajah berjerawat seperti jangan memencet jerawat. Ini bisa memperparah peradangan dan menyebabkan bekas jerawat.

Selain itu perhatikan asupan makan. Makanan tertentu dapat mempengaruhi kondisi kulit. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih.

Saat memakai skincare, jangan menggunakan terlalu banyak produk sekaligus. Perkenalkan satu produk baru dalam rutinitas Anda secara bertahap.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *