Beauty

Urutan Tepat Pakai Sunscreen dengan Skincare Lain, Jangan Keliru untuk Hasil Maksimal!

Urutan Tepat Pakai Sunscreen
Urutan tepat penggunaan sunscreen dan produk skincare lainnya agar hasil perawatan lebih maksimal. (Pexels/Moose Photos)

SKINCARE PEDIA – Perawatan kulit yang efektif tidak hanya melibatkan pemilihan produk yang tepat, tetapi juga urutan penggunaannya.

Salah satu langkah penting dalam perawatan kulit adalah penggunaan sunscreen. Tetapi, di mana sunscreen seharusnya ditempatkan dalam rutinitas skincare?

Berikut ini adalah urutan yang benar untuk menggunakan sunscreen dan produk skincare lainnya.

Urutan Penggunaan Skincare

1. Pembersih Muka

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah Anda dengan pembersih muka yang lembut. Pilihlah pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit Anda, apakah itu berupa facial wash atau facial foam.

Membersihkan wajah secara menyeluruh akan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, langkah berikutnya adalah menggunakan toner. Toner digunakan untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang setelah proses pembersihan, serta menghidrasi dan mengangkat sel-sel kulit mati yang tersisa.

Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau ekstrak bunga untuk memberikan hidrasi ekstra pada kulit Anda.

3. Serum

Serum adalah produk konsentrat dan memiliki formulasi yang lebih ringan daripada krim atau lotion biasa. Produk ini berbasis antioksidan sangat baik digunakan setelah toner karena dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pilihlah serum yang mengandung vitamin C atau vitamin E untuk memberikan perlindungan tambahan dan mencerahkan kulit Anda.

4. Moisturizer atau Day Cream

Setelah menggunakan serum, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan moisturizer atau day cream. Moisturizer bertujuan untuk melembabkan dan menutrisi kulit, menjaga kelembaban alami kulit Anda.

Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah itu krim ringan untuk kulit berminyak atau krim kaya untuk kulit kering.

5. Sunscreen

Sunscreen adalah tahap terakhir dalam rutinitas skincare Anda, tetapi merupakan langkah yang sangat penting. Produk skincare ini digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, yang dapat menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit.

Pilihlah sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, minimal SPF 30, dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata di seluruh wajah dan leher setiap pagi, bahkan saat cuaca mendung.

Penutup

Memahami urutan yang benar untuk menggunakan sunscreen dan produk skincare lainnya adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal dari rutinitas perawatan kulit Anda.

Dengan mengikuti urutan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa setiap produk diserap dengan baik oleh kulit Anda dan memberikan perlindungan yang diperlukan.

Ingatlah untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan jangan ragu untuk konsultasikan dengan tenaga ahli jika mengalami masalah lebih serius dalam dunia perawatan kulit.

Dengan ketekunan dan perawatan yang tepat, Anda akan berhasil memiliki kulit yang sehat dan bersinar.***(Hardiyansyah Supardi)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *