5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah, Jarang Kamu Sadari
Kebiasaan yang menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. (Freepik)

SKINCARE PEDIA – Setiap perempuan tentu mendambakan wajah yang mulus dan glowing. Namun, sayangnya masalah kulit sering kali menghampiri kita.

Selain jerawat, salah satu musuh terbesar bagi perempuan adalah flek hitam. Flek hitam pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan.

Flek hitam adalah masalah kulit berupa bintik hitam di wajah yang muncul akibat peningkatan melanin atau pigmen kulit. Masalah kulit ini tidak hanya dialami oleh orang yang lebih tua, tetapi juga bisa muncul pada remaja.

Kamu mungkin tidak menyadari, banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat memicu munculnya flek hitam. Apa saja kebiasaan yang memicu munculnya flek hitam di wajah? Mari kita bahas lebih lanjut.

5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Panas dari Api Kompor Saat Memasak

Tahukah kamu bahwa panas dari api kompor bisa berdampak buruk pada kulit wajahmu? Panas matahari dan panas dari api kompor memang berbeda.

Panas matahari menghasilkan radiasi, sementara panas dari api kompor langsung menyembur ke wajahmu. Inilah yang menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit mudah rusak ketika terkena panas.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat penting meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah. Sunscreen tidak hanya melindungi wajah dari sinar matahari, tetapi juga dari semburan panas api kompor saat memasak.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ya!

2. Terkena Paparan Sinar Matahari Tanpa Sunscreen

Ini adalah penyebab yang paling umum terjadi. Seseorang yang malas memakai sunscreen akan lebih berisiko terkena flek hitam.

Paparan sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan dapat mempercepat proses hiperpigmentasi. Agar wajahmu tetap terlindungi, kamu wajib mengaplikasikan sunscreen setiap 2 hingga 3 jam sekali, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

3. Peradangan pada Kulit

Kulit yang mengalami peradangan akan menunjukkan tanda-tanda perubahan warna. Jerawat yang meradang dapat menimbulkan flek hitam karena pada saat peradangan, produksi melanin pada kulit meningkat, sehingga kulit terlihat lebih gelap.

Agar masalah ini cepat teratasi, jangan lupa untuk rutin menerapkan basic skincare. Peradangan yang tidak ditangani dengan baik bisa memperburuk kondisi kulit dan menambah jumlah flek hitam di wajah.

4. Menggunakan Produk dengan Kandungan Vitamin C atau Citrus

Produk kecantikan dengan kandungan vitamin C memang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Namun, tidak semua jenis vitamin C aman digunakan kapan saja.

Kandungan citrus seperti lemon mengandung senyawa photosensitizer yang bisa bereaksi dengan sinar matahari, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi yang lebih parah.

Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kamu tidak menggunakan produk dengan kandungan citrus saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

5. Terlalu Lama Berada di Depan Layar Laptop

Tidak hanya sinar matahari, pancaran sinar dari laptop, televisi, atau gawai juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya flek hitam.

Sinar biru dari perangkat elektronik dapat menembus kulit lebih dalam dibandingkan sinar UV, sehingga meningkatkan risiko hiperpigmentasi.

Jika kamu harus bekerja di depan layar laptop dalam waktu lama, usahakan untuk beristirahat yang cukup dan selalu memakai sunscreen.

Pentingnya Penggunaan Sunscreen

Apapun aktivitasmu, meskipun di dalam rumah, jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen. Sunscreen berfungsi sebagai pelindung utama kulitmu dari berbagai jenis paparan sinar yang bisa merusak dan memicu munculnya flek hitam.

Dengan rutin menggunakan sunscreen, kamu bisa mencegah munculnya flek hitam di wajah dan menjaga kulit tetap sehat dan glowing.

Penutup

Dengan mengetahui dan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, kamu bisa menjaga kesehatan kulit wajahmu dari flek hitam yang mengganggu.

Jangan lupa untuk selalu menjaga rutinitas perawatan kulitmu dan menggunakan sunscreen setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat!***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *