Apa itu Moisturizer?/Pixabay

SKINCAREPEDIA- Hampir setiap perempuan pasti tahu apa itu moisturizer atau pelembab. Banyak  wanita yang telah rutin menggunakan moisturizer sebagai skincare setiap harinya.

Namun, jika kamu belum mengetahui apa itu moisturizer, artikel ini akan menjelaskannya.

Simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Moisturizer?

Moisturizer memiliki bentuk seperti lotion maupun krim. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan ke seluruh kulit wajah.

Selain itu, penggunannya secara rutin dapat memperbaiki kulit kering, integritas kulit, dan tampilan kulit menjadi lebih cerah.

Melansir dalam buku “Dermatitis Atopik” oleh Nanda Earlia, Wahyu Lestari, dan Cita R. S. Prakoeswa, moisturizer merupakan formulasi topikal yang dapat mempertahankan hidrasi kulit dengan mengurangi TEWL atau Transepidermal Water Loss, yakni penilaian terhadap jumlah air yang menguap dari kulit.

Di zaman sekarang, ini menjadi salah satu produk skincare wajib. Krim pelembab ini berfungsi untuk menghidrasi kulit agar lembab dan menjaga kelembaban tersebut agar tidak mudah hilang, dengan cara menahan kandungan air di dalam lapisan kulit.

Fungsi

Lantas, apa saja fungsi menggunakannya setiap hari? Berikut ulasannya melansir dari situs Healthline.

1. Menutrisi Kulit

Pelembab berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH dan juga membantu produksi keratin pada kulit.

Di dalamnya juga terdapat berbagai kandungan, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B5, antioksidan dan juga vitamin E. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menutrisi kulit agar tetap sehat dan cantik.

2. Melindungi Kulit dari Berbagai Masalah

Bukan hanya menutrisi kulit, pelembab juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari berbagai masalah. Salah satunya dapat menjaga sel-sel kulit dari kerusakan.

Selain itu, ini memiliki kandungan seperti antioksidan, vitamin E, dan vitamin C. Saat ini juga terdapat beragam moisturizer yang sudah mengandung SPF, sehingga kulit dapat terlindungi dari bahaya sinar matahari yang panas.

3. Mencegah Penuaan Dini

Jika kamu rajin menggunakannya, dapat membantu mencegah penuaan pada kulit wajah. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang mampu menghidrasi kulit, merangsang pembentukan kolagen, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat

Penggunaan pelembab dapat menjaga lapisan sel kulit tetap terhidrasi. Hal ini karena sel kulit yang kekurangan cairan dapat lebih cepat rusak dan juga muncul berbagai permasalahan kulit seperti berminyak, jerawat dan juga iritasi.

5. Kulit Glowing

Fungsi lain adalah kulit wajah menjadi glowing. Karena dapat melembabkan kulit, setelah dipakai kulit wajah langsung terlihat lebih glowing.

Waktu yang Tepat Menggunakan Moisturizer

Mengutip dari situs Healthline, waktu yang tepat untuk menggunakan moisturizer adalah di saat pagi hari. Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah. Apalagi, kamu beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

Bukan hanya di pagi hari, tapi juga dianjurkan untuk menggunakan moisturizer saat malam hari. Moisturizer dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit ketika kamu beraktivitas dari pagi hingga sore hari.

Dengan menggunakan moisturizer di malam hari kulit wajah tampak lebih segar dan kenyal ketika bangun keesokan harinya. Jadi, waktu yang tepat menggunakannya adalah sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam hari.*** (Putri Silvia Andrini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *