Manfaat Moisturizer untuk Wajah, Salah Satunya Bisa Memperkuat Skin Barrier
Manfaat moisturizer untuk wajah, dari mengurangi peradangan hingga memperkuat skin barrier. (Pexels/KoolShooters)

SKINCARE PEDIA – Moisturizer adalah salah satu bagian dari basic skincare yang wajib ada pada tahapan perawatan kulit. Moisturizer diformulasikan untuk menjaga kelembaban kulit.

Biasanya berasal dari bahan seperti air, minyak, dan humektan yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi.

Penggunaan secara rutin yang disesuaikan dengan jenis kulit akan memberikan keajaiban bagi kulit kamu. Moisturizer dapat meningkatkan elastisitas kulit. Mencegah tanda-tanda penuaan, dan merubah tampilan kulit lebih sehat dan bersinar.

Nah untuk mendapatkan manfaatnya kamu harus rajin mengaplikasikan moisturizer sebelum beraktivitas. Apa saja manfaat moisturizer untuk kulit? Berikut ulasannya.

Manfaat Moisturizer untuk Wajah

1. Mengurangi Gejala Peradangan

Kulit yang tidak tersentuh moisturizer cenderung kering sehingga rentan mengalami peradangan. Untuk itu, perlu mengoleskan moisturizer agar gejala peradangan berkurang.

Dikutip dari halodoc.com moisturizer mengandung emolien yang dapat mengurangi tingkat sitokin pro-inflamasi yang bersirkulasi pada kulit.

Emolien sendiri adalah salah satu bahan pada pelembab yang membantu menjaga kelembaban kulit dan meredakan kulit yang iritasi. Selain itu emolien juga dapat memberikan rasa nyaman pada kulit.

2. Mencegah Kulit Kering

Kandungan yang terdapat pada moisturizer dapat mengurangi gejala dermatitis termasuk kulit kering.  Biasanya moisturizer diformulasikan khusus dengan kandungan anti kulit kering misalnya ceramide, glycerine,dan hyaluronic acid.

3. Melawan Tanda Penuaan

Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen pada tubuh mengalami penurunan. Hal ini yang menyebabkan munculnya tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, serta kulit wajah yang mulai kendur.

Kebanyakan dari moisturizer sendiri sudah dilengkapi kandungan vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, yang dipecaya efektif mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen  serta mengencangkan kulit.

4. Menyamarkan Noda Hitam

Banyak moisturizer yang mengandung bahan pencerah kulit yang biasanya memberi efek kilap (glowing) pada kulit. Nah, dengan efek seperti ini moisturizer mampu membantu menyamarkan noda hitam membandel, sehingga warna kulit menjadi cerah merata.

5. Mendukung Regenerasi Sel-sel Kulit

Pada dasarnya kulit memiliki kemampuan alami untuk memproduksi sel-sel baru menggantikan sel-sel yang sudah tua.

Proses regenerasi akan lebih mudah jika kulit dalam kondisi lembab. Dengan moisturizer yang mengandung vitamin A, mineral dan asam lemak esensial dapat mempercepat proses regenerasi dan memberikan nutrisi agar kulit tetap sehat.

6. Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah benteng utama yang melindungi kulit dari paparan sinar UV, polusi, racun, kuman, serta bakteri. Agar skin barrier memiliki pertahanan yang kuat, kulit kamu perlu dalam kondisi lembab dan terhidrasi dengan baik.

Inilah alasan kuat mengapa moisturizer sangat penting digunakan secara rutin. Jika skin barrier-mu aman maka fungsi dari produk skincare yang kamu pakai akan berjalan dengan baik sehingga kulitmu sehat dan bersinar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari penggunaan moisturizer. Jangan pernah melewatkan penggunaan moisturizer jika kamu ingin skin barrier-mu tetap terjaga.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *