Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Manakah yang Paling penting?
Penjelasan lengkap mengenai perbedaan moisturizer dan sunscreen. (Freepik)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu tahu perbedaan moisturizer dan sunscreen? Selama ini produk mana yang kamu gunakan untuk perawatan kulit, apakah kamu menggunkan keduanya?

Jika selama ini kamu hanya mengandalkan moisturizer untuk melembabkan dan melindungi wajah dari sinar UV, tentu saja kamu tidak mendapat perlindungan yang maksimal.

Moisturizer dan sunscreen pada dasarnya dua produk yang berbeda fungsinya. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai perbedaan moisturizer dan sunscreen agar kamu dapat menggunakannya dengan tepat dan mendapat hasil sesuai yang diharapkan.

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer dan sunscreen merupakan produk yang sama- sama memiliki fungsi penting bagi kesehatan kulit. Keduannya akan memengaruhi kinerja skincare lainnya.

Meskipun ada kemiripan pada teksturnya, moisturizer dan sunscreen memiliki perbedaan yang signifikan diantaranya adalah:

  1. Fungsi

Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melembabkan kulit agar tetap terhidrasi. Meskipun kulit secara alami memproduksi minyak atau sebum, namun moisturizer tetap dibutuhkan untuk perawatan yang lebih maksimal.

Sedangkan sunscreen adalah produk perawatan kulit yang fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, yang bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini bahkan kanker kulit.

  1. Bentuk Produk

Moisturizer yang dijual di pasaran biasanya berbentuk krim, lotion, ataupun oil. Kebanyakan moisturizer memiliki konsistensi kental, namun ada beberapa produk moisturizer yang konsistensinya cair.

Sunscreen biasanya hadir dengan bentuk gel, lontio, stick, dan oil. Sunscreen dengan konsistensi kental diaplikasikan dengan cara dioleskan ke wajah.

Namun, ada beberapa produk sunscreen dengan konsistensi cair diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke wajah.

  1. Urutan Penggunaan

Pada rangkaiann skincare routine kedua produk ini bisa digunakan secara bersamaan. Pada tahapan penggunaan skincare, moisturizzer diaplikasikan setelah penggunaan serum, tujuannya untuk mengunci kinerja serum.

Sedangkan sunscreen digunakan setelah pengaplikasian moisturizer. Untuk lebih jelasnya perhatikan urutan penggunaan skincare di bawah ini:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah
  • Gunakan toner untuk mengembalikan PH kulit
  • Gunakan serum yang sesuai kebutuhan kulit
  • Aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit
  • Aplikasikan sunscreen sebagai tahap terakhir, tujuannya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari ketika sedang beraktivitas.
  1. Waktu Pemakaian

Moisturizer dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Selain itu juga dapat digunakan sebagi primer sebelum mulai merias wajah.

Sedangkan sunscreen hanya digunakan pada pagi dan siang hari saja untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Tentu saja pada malam hari kamu tidak perlu menggunakan sunscreen. Penggunaan sunscreen tidak hanya digunakan ketika di luar ruangan saja, namun perlu juga digunakan ketika di dalam ruangan, karena kemungkinan sinar matahari masuk melalui jendela- jendela ruangan.

  1. Kandungan SPF

Pada kebanyakan moisturizer tidak dilengkapai dengan kandungan SPF. Sedangkan sunscreen pasti ada kandungan SPF nya. Nilai SPF yang di rekomendasikan untuk perlindungan optimal minimal SPF 30.

  1. Jenis Produk

Pada moisturizer hanya memiliki satu jenis produk meskipun bentuknya berbeda. Sedangkan pada sunscreen terdapat tiga jenis sunscreen, yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

  1. Ketahanan Terhadap Air

Perbedaan antara moisturizer dan sunscreen yang selanjutnya adalah terletak pada ketahanan terhadap airnya. Moisturizer cenderung mudah luntur ketika terkena air.

Sedangkan sunscreen umumnya memiliki daya ketahanan terhadap air bahkan ada beberapa produk sunscreen yang dilengkapi dengan teknologi water resistant. Sehingga aman digunakan untuk kegiatan olahraga.

Manakah yang Paling Penting?

Pada dasarnya jika mengacu pada basic skincare, sabun cuci muka, moisturizer dan sunscreen adalah produk yang tidak boleh terlewatkan. Begitu juga dengan moisturizer dan sunscreen keduanya sama-sama penting dengan fungsinya masing-masing.

Perlu diingat bahwa kondisi dan kebutuhan kulit setiap orang berbeda sehingga dalam penggunaan skincare urutan dan urgensinya pun masing-masing.

Kesimpulan

Moisturizer dan sunscreen adalah produk skincare yang memiliki perbedaan signifikan. Namun keduanya sama- sama penting untuk perawatan kulit. Dengan rutin melakukan perawatan, maka kulit akan tetap sehat dan terjaga.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *