Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula, Hati-hati Bahaya Iritasi jika Asal Pakai
Cara tepat memakai retinol agar tidak terjadi iritasi. (Pexels/Shiny Diamond)

SKINCARE PEDIA – Retinol adalah bahan aktif yang terkenal dalam perawatan kulit karena kemampuannya mengurangi garis halus, kerutan, dan keriput, serta meningkatkan tekstur kulit.

Penggunaan retinol perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama bagi pemula, karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit sensitif jika tidak digunakan dengan benar. Berikut adalah cara tepat dan aman menggunakan retinol untuk pemula.

Cara Tepat Memakai Retinol

1. Mulai dengan Konsentrasi Rendah

Untuk pemula, sangat disarankan untuk memulai dengan produk retinol yang memiliki konsentrasi rendah, biasanya antara 0,25% hingga 0,5%.

Pilih produk retinol dengan konsentrasi rendah dan formulasi yang cocok untuk jenis kulit Anda. Gunakan produk retinol dengan konsentrasi rendah beberapa kali dalam seminggu untuk membiasakan kulit dengan bahan aktif tersebut.

2. Gunakan Secara Bertahap

Penggunaan retinol perlu dilakukan secara bertahap untuk memberi waktu kulit untuk beradaptasi dengan bahan aktif tersebut.

Mulailah dengan penggunaan retinol satu hingga dua kali seminggu pada awalnya, kemudian tingkatkan frekuensinya secara bertahap seiring waktu.

Perhatikan bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap retinol dan sesuaikan frekuensi penggunaan sesuai kebutuhan kulit Anda.

3. Gunakan pada Malam Hari

Retinol sebaiknya digunakan pada malam hari karena bahan ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Gunakan retinol sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit malam Anda setelah membersihkan wajah. Pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup di pagi hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

4. Jangan Menggunakan Bersamaan dengan Produk yang Mengandung Asam

Penggunaan retinol bersamaan dengan produk yang mengandung asam, seperti produk eksfoliasi atau vitamin C, dapat meningkatkan risiko iritasi.

Jika Anda ingin menggunakan produk eksfoliasi atau vitamin C, gunakan pada waktu yang berbeda dengan retinol, misalnya di pagi hari.

Jika kulit Anda merasa kemerahan atau iritasi setelah menggunakan retinol, hentikan penggunaan produk lain yang mengandung bahan aktif yang sama.

5. Gunakan Pelembap yang Cukup

Retinol dapat membuat kulit menjadi kering, terutama pada tahap awal penggunaan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pelembap yang cukup setelah penggunaan retinol.

Aplikasikan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda setelah menggunakan retinol untuk menjaga kelembapan kulit.

Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti aloe vera atau ceramide untuk membantu meredakan iritasi.

6. Perhatikan Tanda-Tanda Iritasi

Saat menggunakan retinol, penting untuk memperhatikan tanda-tanda iritasi seperti kemerahan, kering, atau mengelupas.

Jika kulit Anda terasa terlalu sensitif atau terjadi iritasi, hentikan penggunaan retinol untuk sementara waktu dan biarkan kulit pulih.

Gunakan produk retinol dengan frekuensi yang lebih rendah atau pilih produk yang mengandung bahan pelembap dan anti-iritasi untuk membantu meredakan gejala iritasi.

Retinol adalah bahan aktif yang efektif dalam perawatan kulit, tetapi penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama bagi pemula.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran lebih mendesak tentang penggunaan retinol.***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *