Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

Selain Retinol! 9 Bahan Aktif Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

Hai skincare lovers!

Skincare untuk menghilangkan flek hitam menjadi salah satu skincare yang banyak di cari oleh kaum hawa. Flek atau dalam bahasa kedokteran di kenal dengan Melasma bukanlah suatu penyakit atau kelainan kulit. Namun suatu akumulasi deposit pigmen warna kulit yang dikenal dengan melanin dan nampak di permukaan kulit kita. Sekalipun bukan penyakit atau kelainan kulit, banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri jika terdapat pada permukaan wajah karena merasa menurunkan kecantikan. 

Untuk menghilangkan flek hitam tentu saja membutuhkan waktu yang tidak singkat, apalagi jika menggunakan skincare. Sebelum mencari solusi dari menghilangkan flek wajah, perlu kita ketahui bagaimana flek hitam atau melasma bisa terjadi di permukaan kulit.

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang digunakan untuk membantu menghilangkan flek hitam. Dikenal dengan tretinoin, krim satu ini perlu dibeli dengan menggunakan resep atau dengan pengawasan dokter. Nah, yuk kita kulik lebih dalam terkait 9 bahan aktif skincare untuk menghilangkan flek hitam. 

  • Proses Terjadinya Flek Hitam 

Kulit menghasilkan suatu pigmen kulit yang disebut Melanin. Melanin tidak hanya memberikan tone warna kulit namun juga memberikan perlindungan terhadap paparan sinar UV A dan UV B yang memberikan dampak buruk seperti fotoaging atau penuaan dini, kanker, dan flek atau melasma. Tanpa proteksi tabir surya atau suncreen, sel kulit akan memproduksi melanin lebih banyak sehingga hal sederhana yang dapat dilakukan untuk pencegahan flek adalah dengan rajin menggunakan sunscreen. 

Selain dari paparan sinar matahari, flek dapat timbul dari penggunaan krim abal-abal yang tidak terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dimana bahan aktif yang terkandung pada krim abal-abal merupakan kandungan yang dilarang oleh BPOM seperti merkuri dan hidroquinon. 

  • Bahan Aktif Skincare 

Ada banyak cara untuk membantu menghilangkan flek hitam selain dengan menggunkan RETINOL seperti TRETINOIN, yaitu dengan treatment seperti laser, dermabrasi atau PRP. Namun biaya yang dikeluarkan relatif tinggi sehingga skincare menjadi salah satu alternatif sekalipun membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, apa saja bahan aktif skincare yang wajib ada di skin routine kamu untuk menghilangkan flek hitam? Yuk. kita baca lebih lanjut.

1. Lactic Acid 

Lactic acid merupakan salah satu golongan Hydroxy Acid yang dikenal dengan AHA ( Alfa Hydroxy Acid) atau asam alfa hidroksi. Lactic acid selain di skincare juga dapat ditemukan pada produk susu. Memiliki kemampuan sebagai eksfolian yang mencerahkan kulit kusam dengan meregenerasi atau menggantikan sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah, halus dan lembut. Jadi skincarelovers sudah tahu bukan kenapa Ratu Cleopatra Mesir memiliki ritual mandi susu? 

2. Glycolic Acid 

Selain Lactic acid, Glycolic Acid atau asam glikolat juga merupakan golongan AHA. Bedanya selain dapat ditemui di tebu, glycolic memiliki kemampuan eksfolian yang lebih kuat dibandingankan Lactic Acid. Bentuknya yang lebih keci, membuat glycolic acid mudah masuk ke permukaan kulit dan tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif. Selain skincare, glycolic acid juga digunkaan untuk treatment peeling di Klinik Kecantikan. 

3. Niacinamide 

Niacinamide merupakan bahan aktif skincare yang cukup terkenal di skincarelovers. Selain manfaatnya yang multiguna, niacinamide merupakan turunan dari  bentuk Vitamin B3 (Niacin). Niacin dibutuhkan oleh tubuh sebagai nutrisi essensial yang terdapat di daging, telur, susu, kacang-kacangan dan ikan. 

Niacinamide dalam skincare membantu untuk menyamarkan noda hitam dengan menghambat transfer melanosome yang membawa pigmen melanin ke permukaan kulit. Selain itu, niaicinamdie dapat juga digunakan untuk kasus jerawat seperti mengatur produksi sebum atau minyak kulit sehingga kulit tidak mudah berkomedo. Menggunakan niacinamide 5% selama 4 minggu dipercaya dapat membantu menghilangkan flek hitam di kulit. 

4. Alfa Arbutin 

Selain niacinamide yang banyak terdapat di produk skincare. Bahan aktif selanjutnya yang dapat menjadi pilihanmu untuk menghilangkan flek hitam adalah Alfa-Arbutin. Alfa-arbutin memiliki kemampuan untuk menghilangkan flek hitam dengan menghambat enzim tirosinase sehingga pigmen melanin tidak terbentuk. Sekalipun memiliki kontroversi karena struktur memiliki kesamaan dengan hidrokuinon, namun kemampuan alfa arbutin jauh lebih lemah dibandingkan hidrokuinon sehingga dapat digunakan di dalam skincare. 

5. Hydroxy Pinacoloneretinoate 

Dikenal dengan HPR ( Hydroxy Pinacolone Retinoate ) atau Granacive Retinoid merupakan turunan retinol ( Vitamin A) yang memiliki kemampuan lebih rendah dibanding retinol namun dalam produk skincare jauh lebih stabil sehingga meminimalisir perubahan warna. Sama dengan retinol yang bersifat multiguna dari mencegah kerutan (antiaging), mencerahkan atau untuk jerawat. HPR juga dapat digunakan pada skincare untuk menghilangkan flek hitam. Kombinasi HPR dengan bahan aktif pencerah lainnya akan membantu efektivitas dari produk skincare menjadi lebih optimal. 

6. Hexyl Resorcinol

Dikutip dari the cosmetic chemist, kamu pasti pernah mendengar resorcinol yang bermanfaat sebagai obat mencegah malaria, bukan? Ternyata dalam bentuk turunan dari Recorcinol yaitu Hexyl Resorcinol dapat digunakan sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit. Dengan kemampuan menghambat enzim tirosinase dan aktivitas enzim peroksidase pada proses pembentukan pigmen melanin, menjadikan kulit lebih cerah dan terhindar dari flek hitam. Senyawa fenolik pada hexyl resorcinol bermanfaat juga sebagai antioksidan untuk menghambat radikal bebas. 

7. Morus Alba Extract 

Morus alba atau yang dikenal dengan tanaman murbei atau mulberry merupakan tanaman yang mengandung banyak senyawa fenolik sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan. Sekalipun dapat dimakan langsung, ternyata dalam industri ekstrak dari buah murbei ini memiliki fungsi untuk menghambat enzim tirosinase sehingga kulit menjadi lebih cerah dan membantu menghilangkan flek hitam. 

8. Kojic Diplamitate 

Kojic dipalmitate merupakan turunan dari kojic acid yang berfungsi menghambar kerja enzim tirosine. Kamu pasti jarang mendengar terkait bahan aktif yang satu ini, namun kojic dipalmitate bekerja lebih maksimal dan stabil sehingga wajib ada di skincare untuk menghilang flek hitam kamu loh. 

9. Vitamin C

Selain berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas di tubuh kita. Vitamin C dan turunannya pada skincafe dapat digunakan untuk menghambat produksi melanin. Bekerja menghambat enzim tirosine menjadikan Vitamin C banyak digunakan dalam produk serum dan krim. Jadi, pastikan skincare kamu mengandung Vitamin C ya!

  • 5 Produk Lokal untuk Membantu Menghilangkan Flek Hitam 

Berikut beberapa skincare produk lokal yang bisa kamu jadikan pilihan kamu untuk membantu menghilangkan flek hitam yang bebas kamu beli tanpa resep dokter. 

1. Airin Glass Skin Serum 

Dengan kandungan bahan aktif Alfa Arbutin, Niacinamide, dan Tranexamic Acid membantu untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam 

2. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule 

Kandungan double retinol didalamnya yaitu enkapsulasi retinol 1% dan ester retinoic acid 2% membantu menyamarkan flek hitam dan meringankan jerawat

3. Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule 

Merk lokal yang satu ini tentu wajib kamu tahu! Kombinasi tranexamoyl dipeptide-23 membantu proses memudarkan dark spot dan flek hitam.

4. The Aubree Brightening Serum Concentrate 

Serum lokal yang satu ini ini berasal dari Aubree yang mengandung alfa arbutin, niacinamide, lactic acid, dan moisturizer membantu menyamarkan flek hitam dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah dan halus.   

5. Elsheskin Radiant Skin Serum 

Serum yang diformulasikan dengan kombinasi alfa arbutin dan niacinamide ini bekerja untuk mencerahkan noda hitam. Dengan tambahan glutation, vitamin E dan grape seed extract enjadikan kulit lebih cerah dan meringankan bekas jerawat. 

Jadi, tunggu apa lagi untuk tampil lebih percaya diri dengan produk lokal Indonesia. Kamu bisa mengkombinasikan serum dan krim dengan kandungan 9 bahan aktif skincare untuk menghilangkan flek hitam diatas sesuai dengan kebutuhan kamu loh.

Baca juga: Bahan Aktif Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *