Bahaya Sinar UV Bagi Kulit, Jangan Remehkan! Bisa Menjadi Kanker Kulit
Bahaya sinar UV bagi kulit bisa menyebabkan kanker kulit. (Pexels/Andrea Piacquadio)

SKINCARE PEDIA – Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berjemur di bawah matahari pagi dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, karena sinar matahari dapat mengubah provitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D.

Namun, meskipun memiliki dampak positif, sinar matahari juga perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang mengganggu penampilan. Radiasi dari sinar matahari membawa dampak buruk bagi kulit. Apa saja bahaya sinar matahari bagi kulit?

Bahaya Sinar UV bagi Kulit

1. Sunburn

Sunburn adalah kondisi kulit yang sering terjadi akibat paparan radiasi sinar UV secara berlebihan.  Kondisi kulit terbakar ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, kering, sensitif, dan terasa nyeri.

Oleh karena itu, penting untuk rutin mengoleskan tabir surya atau sunblock pada kulit.

2. Kulit Menjadi Gelap dan Tan

Paparan sinar matahari yang terlalu sering akan memicu pelepasan pigmen kulit. Pelepasan pigmen adalah respons alami kulit untuk memberikan lapisan pertahanan dan perlindungan.

Jika berlangsung lama, kulit akan berubah menjadi gelap.

3. Kulit Kusam

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, membuat kulit terlihat kusam.

Kondisi ini diakibatkan oleh proliferasi sel kulit akibat sinar UV, yang menyebabkan penebalan pada lapisan epidermis.

4. Kulit Tampak Lebih Tua

Paparan sinar UV yang sering akan mengurangi produksi kolagen dan elastin, membuat kulit menjadi keriput, kendur, dan pori-pori membesar.

5. Fotosensitivitas

Beberapa orang memiliki kulit yang cenderung sensitif terhadap sinar UV. Ketika terkena sinar matahari dengan intensitas rendah sekalipun, kulit bisa mengalami alergi atau iritasi yang menyebabkan ruam bahkan luka bakar derajat tinggi.

6. Kanker Kulit

Bahaya sinar matahari yang paling fatal adalah kanker kulit. Paparan radiasi UV yang berlebihan akan merusak materi genetik pada sel kulit.

Jika kerusakan ini terus berlanjut tanpa penanganan, pertumbuhan sel kulit menjadi tidak terkontrol dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Kesimpulan

Melindungi kulit dari bahaya sinar UV merupakan keharusan yang tidak boleh kamu lewatkan. Kerusakan kulit akibat paparan sinar UV tentu akan mengganggu penampilan. Bagi sebagian orang, memiliki kulit yang cerah dan bersih adalah harta berharga yang perlu kita jaga.

Kamu tentu tidak ingin kulitmu rusak akibat sinar matahari, bukan? Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen atau sunblock untuk menghindari dampak buruk pada kulitmu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *