Apa itu UV Camera? Bisakah Tahu Nilai SPF Sunscreen?
Penjelasan apa itu UV Camera dan bisakah mengetahui nilai SPF Sunscreen. (Pexels/Lucas Pezeta)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu tahu UV Camera? Ataukah pernah mendengarnya? UV camera saat ini sedang popular di dunia kecantikan, sering digunakan untuk menguji perlindungan sunscreen.

UV camera digunakan untuk dapat melihat sejauh mana sunscreen melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Dari uv camera kita juga bisa melihat perbedaan antara adanya perlindungan sunscreen dengan tanpa perlindungan sunscreen.

Perlindungan sunscreen sangat penting untuk mencegah risiko penuaan dini, untuk kita juga perlu mengetahui efektivitas sunscreen itu sendiri.

Untuk itu, kita akan mengulik lebih jauh informasi mengenai UV camera dan apakah dengan menguji perlindungan sunscreen kita dapat mengetahui nilai SPF nya?

Apa Itu UV Camera?

Mengutip dari Interesting Engineering, UV Camera adalah suatu alat yang dirancang khusus untuk merekam gambar di bagian ultraviolet yang tidak terlihat oleh mata kita.

Umumnya kamera jenis ini digunakan untuk mengukur tingkat perlindungan tabir surya atau sunscreen. Selain itu, di dunia medis UV Camera digunakan untuk memeriksa kelainan kulit ataupun bukti cedera.

Namun berbeda dengan UV Camera medis, UV Camera dalam dunia kecantikan lebih sederhana. Ketika menguji sunscreen dengan UV Camera ini, akan terlihat perbedaan bagian wajah yang diolesi sunscreen dengan yang tidak diolesi sunscreen.

Perbedaan inilah yang menunjukan sejauh mana sunscreen dapat bekerja sesuai fungsinya. Gambar yang dihasilkan tidak seperti gambar pada kamera biasa.

Gambar berwarna abu-abu atau disebut dengan gambar palsu karena frekuensi sinar uv dipetakan ke warna yang terlihat. Untuk menguji sunscreen dengan UV Camera kamu bisa simak cara di bawah ini.

Cara Menggunakan UV Camera Untuk Menguji Sunscreen

  1. Oleskan sunscreen

Langkah pertama dan yang paling utama tentunya dengan mengoleskan sunscreen pada wajah. Aplikasikan sunscreen sebanyak 2 jari dengan merata.

  1. Aktifkan UV Camera

Setelah mengoleskan sunscreen pada wajah, pastikan UV Camera telah disiapkan dan masih berfungsi. Kemudian aktifkan mode pengambilan gambar

  1. Arahkan UV Camera pada wajah

Setelah mengoleskan sunscreen pada wajah dan mengaktifkan UV camera kemudian arahkan kamera pada wajah, namun pastikan untuk batasi jarak wajah dengan kamera. Dan pastikan pencahayaan cukup untuk pengambilan gambar.

Setelah itu kamu akan melihat hasil gambarnya. Kamu  akan diperlihatkan dengan tampilan wajah yang terlihat gelap tandanya terlindungi oleh sunscreen, sedangkan area yang tidak gelap adalah area yang tidak terlindungi sunscreen.

Semakin gelap kulit pada UV Camera, maka semakin baik pula perlindungan sunscreen.

Apakah dari UV Camera Bisa Mengetahui Nilai SPF

UV Camera memang bisa memperlihatkan perbedaan kulit bagian mana yang diolesi sunscreen dan mana yang tidak diolesi. Namun UV Camera tidak dapat memberikan informasi nilai SPF secara akurat.

UV camera tidak bisa menunjukan tingkat proteksi dan kekuatan sunscreen. UV camera hanya dapat berfungsi untuk menghasilkan gambar wajah dengan sunscreen atau tidak.

Jika ada pertanyaan bisakah memberi tahu seberapa kuat perlindungannya? Jawabannya ya tidak. Dikutip dari thesunscreencompany, bahkan pada beberapa penelitian menunjukan mengoleskan 1 mg/cm terlihat sama dengan mengoleskan 2mg/cm2.

Itu dia informasi terkait UV camera, jika kamu ingin mengetahui tingkat proteksi perlindungannya bisa lihat pada kemasan berapa SPF-nya. Tentunya tidak semua sunscreen sama, harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *