Apakah Perlu Menggunakan Sunscreen saat Berjemur di Pagi Hari? Ini Penjelasan Lengkapnya
Penjelasan penggunaan sunscreen sebelum berjemur di pagi hari. (Pexels/Tiana)

SKINCARE PEDIA –¬†Berjemur di pagi hari sering dianggap bermanfaat karena sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Ada beberapa keraguan tentang apakah perlu menggunakan sunscreen saat berjemur di pagi hari. Mari cari tahu tentang kapan penggunaan sunscreen diperlukan dan kapan tidak.

Manfaat Sinar Matahari untuk Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang membantu tubuh menyerap kalsium, menjaga kesehatan tulang, dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Salah satu cara utama untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Ketika kulit terkena sinar UVB dari matahari, tubuh kita memproduksi vitamin D. Karena itulah, berjemur di pagi hari sering disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Penggunaan Sunscreen di Pagi Hari

Banyak orang ragu apakah mereka harus menggunakan sunscreen saat berjemur di pagi hari.

  • Berjemur di Bawah Pukul 10.00 WIB

Jika Anda berjemur sebelum pukul 10.00 WIB dan hanya selama 10 menit, penggunaan sunscreen tidak selalu diperlukan. Sinar matahari di pagi hari cenderung tidak terlalu kuat, sehingga risiko kerusakan kulit lebih rendah.

Waktu singkat ini memungkinkan tubuh mendapatkan cukup sinar UVB untuk produksi vitamin D tanpa risiko terbakar atau kerusakan kulit.

  • Berjemur Setelah Pukul 10.00 WIB

Jika Anda berjemur setelah pukul 10.00 WIB atau lebih lama dari 10 menit, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen. Sinar UV lebih kuat setelah pukul 10.00 WIB, meningkatkan risiko kerusakan kulit dan kanker kulit.

Area Tubuh yang Perlu Dilindungi

Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Namun, tidak semua bagian tubuh perlu dilindungi sama intensifnya. Berikut adalah beberapa panduan:

  • Wajah dan Leher

Area wajah dan leher adalah bagian yang paling terpapar sinar matahari dan rentan terhadap kerusakan kulit serta tanda-tanda penuaan dini. Menggunakan sunscreen di wajah dan leher setiap kali berjemur adalah langkah penting untuk melindungi kulit.

  • Lengan dan Tungkai

Jika Anda hanya berjemur dalam waktu singkat di pagi hari, tidak menggunakan sunscreen di lengan dan tungkai mungkin tidak masalah. Namun, jika Anda berjemur lebih lama atau pada waktu yang lebih siang, sangat disarankan untuk melindungi seluruh tubuh dengan sunscreen.

Manfaat dan Risiko

Tujuan berjemur di pagi hari adalah untuk mendapatkan cukup vitamin D tanpa merusak kulit. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keseimbangan ini:

  • Batasi Waktu Berjemur: Jangan berjemur terlalu lama. Cukup 10-15 menit di pagi hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D.
  • Gunakan Sunscreen: Jika Anda berjemur lebih dari 10 menit atau setelah pukul 10.00 WIB, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 di wajah, leher, dan bagian tubuh lainnya yang terpapar.
  • Lindungi Mata: Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV.

Ketika berjemur di pagi hari tubuh akan memproduksi vitamin D yang penuh manfaat. Namun, penting untuk memperhatikan waktu dan durasi berjemur.

Sunscreen tidak selalu diperlukan sebelum pukul 10.00 WIB dan untuk durasi singkat, tetapi sangat penting setelah pukul 10.00 WIB atau untuk berjemur yang lebih lama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *