Apakah Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah? Ini Fungsi Utama dan Manfaat Tambahannya untuk Perawatan Kulit
Penjelasan apakah sunscreen bisa memutihkan wajah dan beragam manfaatnya. (Pexels/Anna Shvets)

SKINCARE PEDIA –¬†Sunscreen memiliki fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Tapi banyak yang bertanya-tanya apakah sunscreen juga bisa memutihkan wajah.

Mari kita telusuri lebih dalam tentang manfaat sunscreen dan kemampuannya dalam membuat kulit tampak lebih cerah.

Fungsi Utama Sunscreen

Sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut adalah beberapa fungsi utama sunscreen:

  • Melindungi dari Penuaan Dini: Sinar UVA dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis halus. Sunscreen membantu mencegah kerusakan ini dengan memblokir sinar UVA.
  • Mencegah Kerusakan Sel Kulit: Sinar UVB menyebabkan kerusakan langsung pada sel-sel kulit dan dapat menyebabkan sunburn. Dengan menggunakan sunscreen, kulit terlindungi dari kerusakan ini.
  • Mengurangi Risiko Kanker Kulit: Paparan sinar UV yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu mengurangi risiko ini dengan memberikan perlindungan yang efektif.

Kulit Lebih Cerah Setelah Menggunakan Sunscreen

Meskipun fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari sinar UV, penggunaannya secara rutin dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Perlindungan dari Sinar UV: Dengan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, sunscreen membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah munculnya bintik-bintik hitam dan hiperpigmentasi. Ini dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan merata.
  • Hidrasi Kulit: Beberapa sunscreen juga mengandung bahan pelembap yang membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan cerah.
  • Perlindungan dari Polusi: Sunscreen dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit yang membantu mencegah masuknya polutan dan kotoran yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kusam.

Sunscreen dengan Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Beberapa produk sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV tetapi juga mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Berikut adalah beberapa rekomendasi sunscreen yang memiliki manfaat tambahan untuk mencerahkan wajah:

  • Hanasui Collagen Water Sunscreen SPF30+ PA+++: Sunscreen ini mengandung kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak lebih muda dan cerah. SPF30+ memberikan perlindungan yang cukup dari sinar UVB, sementara PA+++ melindungi dari sinar UVA.
  • YOU Sunbrella Tone Up UV Elixir Sunscreen SPF50+ PA++++: Produk ini menawarkan perlindungan yang sangat tinggi dengan SPF50+ dan PA++++. Selain itu, formula tone-up-nya membantu meratakan warna kulit dan memberikan efek cerah seketika.
  • OMG UV Barrier Sunscreen SPF50 PA++++: Sunscreen ini tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV dengan SPF50 dan PA++++, tetapi juga mengandung bahan-bahan yang membantu mencerahkan dan merawat kulit, menjadikannya pilihan yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Meskipun tujuan utama sunscreen adalah melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, penggunaannya secara rutin dapat memberikan efek kulit yang lebih cerah.

Hal ini disebabkan oleh perlindungan dari kerusakan akibat sinar UV, hidrasi kulit, dan perlindungan dari polusi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *