Cara Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berjerawat
Panduan cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat. (Pexels/Jade)

SKINCARE PEDIA – Dalam beberapa tahun terakhir, banyak produk sunscreen bermunculan dari berbagai merek perawatan kulit. Hal ini terjadi karena sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang sangat diminati.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai sunscreen untuk melindungi wajah dari bahaya sinar matahari semakin meningkat.

Sunscreen tidak hanya melindungi dari risiko terbakar akibat sinar matahari, tetapi juga dapat menangani tanda-tanda penuaan dini.

Namun, banyak yang mempertanyakan apakah orang berjerawat boleh menggunakan sunscreen dan apakah sunscreen bisa menghilangkan jerawat.

Penggunaan Sunscreen pada Kulit Berjerawat

Bolehkah Orang Berjerawat Menggunakan Sunscreen?

Banyak di antara kamu mungkin berpikir bahwa kulit berjerawat tidak perlu menggunakan produk skincare karena dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat, termasuk penggunaan sunscreen. Apakah pemikiran ini benar?

Jawabannya adalah salah. Meskipun kamu memiliki jerawat, kamu tetap dianjurkan untuk merawat kulit dengan menggunakan sunscreen.

Sunscreen akan melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang dapat memicu peradangan pada jerawat. Dengan menggunakan sunscreen, produksi minyak alami pada kulit dapat lebih terkontrol.

Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jika kamu bertanya apakah sunscreen bisa menghilangkan jerawat, jawabannya adalah tidak secara langsung. Sunscreen bukanlah obat khusus jerawat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Namun, penggunaan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit akan membantu memperbaiki kondisi wajah dan menyamarkan noda bekas jerawat.

Dengan pemakaian sunscreen yang rutin dan tepat, jerawat pada wajah dapat perlahan memudar. Sunscreen akan melindungi dan mengikat lapisan epidermis, sehingga sinar UV tidak menembus ke kulit.

Dengan begitu, skin barrier akan terjaga dan jerawat tidak mudah tumbuh serta peradangan bekas jerawat dapat diatasi.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sebelum memilih sunscreen, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kondisi wajah yang berjerawat memerlukan perhatian khusus, sehingga tidak boleh sembarangan dalam menggunakan sunscreen.

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih sunscreen untuk kulit berjerawat:

Kriteria Memilih Sunscreen

  1. SPF dan PA: Pilih sunscreen minimal SPF 30 PA+++ agar terlindungi secara maksimal.
  2. Tekstur: Pilih sunscreen yang bertekstur lotion atau gel agar tidak menyumbat pori-pori.
  3. Jenis Kulit:
    • Jika kulit sensitif dan jerawat meradang, pilih jenis physical sunscreen.
    • Jika kulit berminyak dan jerawat tidak meradang, pilih chemical sunscreen dengan oil control.
  4. Kandungan Tambahan: Untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah, pilih sunscreen dengan kandungan niacinamide.
  5. Label Produk: Pilih sunscreen yang berlabel non-comedogenic.

Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk tetap memakai sunscreen meskipun wajah berjerawat. Ada banyak pilihan sunscreen yang dapat kamu pakai tanpa memperburuk kondisi jerawat di wajah. Tetap gunakan sunscreen dalam kondisi apapun pada wajahmu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *