Kandungan Titanium Dioksida pada Sunscreen, Apa Manfaatnya untuk Kulit?
Penjelasan tentang kandungan Titanium Dioxide pada Sunscreen. (Pexels/Pablo de Haro)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu pernah menemukan kandungan Titanium Dioxide pada komposisi sunscreen? Titanium Dioxide adalah bahan aktif yang sering terdapat pada produk sunscreen.

Fungsi utamanya adalah sebagai penghalang sinar ultraviolet. Lalu, apa saja manfaat lain dari Titanium Dioxide bagi kulit?

Apa Itu Titanium Dioxide?

Titanium adalah logam yang biasa ditemukan pada tumbuhan dan hewan yang berinteraksi dengan oksigen, membentuk Titanium Dioxide. Bahan ini ditemukan pada bijih debu, pasir, dan tanah.

Kamu mungkin mengenalnya sebagai salah satu kandungan dalam sunscreen, yang berfungsi menyaring sinar UV dan mencegah kulit terbakar atau terkena kanker kulit.

Bentuk Titanium Dioxide pada sunscreen diproduksi sebagai produk ultrafine (bahan nano). Titanium Dioxide murni berbentuk bubuk halus berwarna putih yang memberikan pigmen putih cerah.

Manfaat Titanium Dioxide untuk Kulit

Menyamarkan Noda dan Mencerahkan Kulit

Titanium Dioxide tingkat pigmen bermanfaat dalam menyamarkan noda dan mencerahkan kulit. Bentuk ini biasanya terdapat dalam beberapa produk kosmetik, memungkinkan penggunaan lapisan tipis pada riasan yang memberikan efek yang diinginkan.

Melindungi dari Sinar UV

Titanium Dioxide skala nano memiliki manfaat untuk menyerap sinar UV secara efisien. Partikelnya yang kecil tidak memantulkan cahaya, melainkan menyerapnya dengan baik.

Oleh karena itu, Titanium Dioxide hampir selalu disandingkan dengan zinc oxide yang juga dipercaya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Menggunakan tabir surya yang mengandung Titanium Dioxide akan mencegah terjadinya kanker kulit.

Meningkatkan Kualitas Riasan

Dalam bidang kecantikan, Titanium Dioxide mampu menyembunyikan bintik-bintik penuaan dan jerawat sambil memberikan konsistensi lembut pada kulit.

Efek Samping Titanium Dioxide

Iritasi Pernapasan dan Mata

Jika terhirup dalam jumlah banyak, Titanium Dioxide dapat menyebabkan iritasi pada hidung dan tenggorokan. Saat terkena mata, bisa menimbulkan iritasi ringan.

Jika ini terjadi, kamu bisa menanganinya dengan membilas menggunakan air bersih. Untuk menghindari terhirupnya Titanium Dioxide, hindari pemakaian bedak tabur dan perona pipi yang mengandung bahan ini.

Oleh karena itu, penggunaan bedak tabur tidak dianjurkan untuk bayi. Sedangkan pada produk sunscreen, hindari yang berbentuk spray jika tidak ingin terkena mata.

Iritasi pada Kulit Sensitif

Titanium Dioxide dapat menyebabkan iritasi jika kulitmu sensitif dan mudah alergi. Namun, jika tertelan, mineral ini masuk dalam kategori tidak berbahaya.

Kesimpulan

Titanium Dioxide memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, seperti menyamarkan noda, mencerahkan kulit, dan melindungi dari sinar UV.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati dengan kandungan Titanium Dioxide dalam produk kecantikan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *