Manfaat Reapply Sunscreen untuk Kesehatan Kulit
Manfaat reapply sunscreen untuk menghindari penuaan dini dan merejamakan kulit. (Pexe;s/Alena Darmel)

SKINCARE PEDIA – Sunscreen merupakan produk dasar yang wajib kamu gunakan untuk melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet memberi efek buruk pada kulit seperti tanda penuaan dini, kerutan, hingga sunburn.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap kali kamu akan memulai aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan.

Bahkan, pemakaian sunscreen secara rutin saja tidak cukup. Kamu perlu melakukan pengaplikasian ulang (reapply) sunscreen.

Reapply sunscreen harus dilakukan setiap 2 jam sekali ketika berada di luar ruangan, dan 4 jam sekali ketika di dalam ruangan.

Mengapa reapply sunscreen sangat penting? Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika rutin melakukan reapply sunscreen.

Manfaat Reapply Sunscreen

1. Mencegah Penuaan Dini

Kerutan, garis halus, serta bintik hitam di wajah adalah tanda penuaan dini. Dikutip dari Beautynesia, 80% penyebab penuaan dini adalah paparan sinar ultraviolet.

Paparan sinar matahari yang lama dan terus menerus mempercepat munculnya tanda-tanda tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan reapply sunscreen untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini.

2. Mencegah Sengatan Sinar Matahari

Sengatan sinar matahari yang terik dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Sinar UVB bisa membakar kulit wajah sehingga kulit menjadi gelap.

Selain itu, sinar UVB juga bisa menyebabkan rasa gatal, inflamasi, dan kerusakan kulit lainnya terutama pada kulit yang sensitif. Reapply sunscreen sangat penting dilakukan untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari.

3. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Bahaya sinar ultraviolet yang paling mengerikan adalah kanker kulit. Kanker kulit merupakan penyakit yang patut diwaspadai karena, seperti kanker lainnya, kanker kulit juga bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani sejak dini.

Ada jenis kanker kulit bernama melanoma yang sangat berbahaya bagi perempuan, terutama pada perempuan usia 20-an. Penggunaan sunscreen dan melakukan reapply adalah hal yang tidak boleh terlewatkan agar kamu terhindar dari risiko kanker yang menakutkan ini.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit. Ada beberapa protein alami dalam tubuh yang wajib kamu jaga untuk mendukung kesehatan kulit.

Protein alami tersebut antara lain adalah kolagen, keratin, dan elastin. Protein-protein ini berperan dalam menjaga elastisitas kulit, kekencangan, dan kekenyalan kulit, serta berbagai manfaat kesehatan kulit lainnya.

Kesimpulan

Reapply sunscreen merupakan aktivitas merawat kulit yang tidak boleh kamu sepelekan. Dengan melakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, kamu akan mendapatkan perlindungan ekstra dari bahaya sinar ultraviolet yang mengintai.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu reapply sunscreen secara rutin pada kulitmu, skin lovers!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *