Manfaat Sunscreen/Pixabay

SKINCARE PEDIA – Sunscreen atau tabir surya adalah produk untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari, terutama sinar ultraviolet (UV).

Dalam prosesnya, sunscreen bekerja dengan menyerap atau memantulkan sinar UV, mencegahnya merusak kulit. Oleh karena itu, produk ini sangat bermanfaat untuk kulit.

Nah, jika penasaran dengan apa saja manfaat sunscreen, Anda bisa menyimak artikel ini sampai akhir. Dalam artikel ini redaksi akan menyajikannya.

Pasalnya, sinar UV dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu UVA dan UVB. Bahkan, dua hal tersebut menjadi pemicu rusaknya kulit.

Sinar UVA menembus lebih dalam ke dalam kulit dan dapat menyebabkan penuaan dini, sementara sinar UVB menyebabkan kulit terbakar.

Manfaat Sunscreen

1. Melindungi dari Kanker Kulit

Salah satu manfaat utama sunscreen adalah melindungi kulit dari kanker. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan DNA dalam sel kulit.

Sehingga, dapat berkembang menjadi kanker kulit. Penggunaan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dapat mengurangi risiko ini.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rutin sunscreen dapat mengurangi risiko melanoma, jenis kanker kulit yang paling mematikan.

2. Mencegah Penuaan Dini

Sinar UVA adalah penyebab utama penuaan dini pada kulit, yang ditandai dengan keriput, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Sunscreen membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin, dua protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Nah, dengan menggunakan sunscreen, kulit Anda pun akan tampak lebih muda lebih lama. Jadi, Anda harus mempertimbangkan hal ini.

3. Menghindari Sunburn

Sunburn atau kulit terbakar matahari adalah kondisi yang sangat tidak nyaman dan merusak.

Terlalu banyak terpapar sinar UVB dapat menyebabkan kulit menjadi merah, sakit, dan bahkan melepuh.

Sunscreen melindungi kulit dari sunburn dengan menghalangi sinar UVB masuk ke dalam kulit.

4. Mengurangi Risiko Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau penggelapan area kulit tertentu, seperti bintik hitam atau melasma.

Sunscreen membantu mencegah timbulnya masalah ini dengan melindungi kulit dari sinar UV yang memicu produksi melanin berlebih.

5. Menjaga Kesehatan Kulit secara Keseluruhan

Kulit yang sering terkena sinar matahari tanpa perlindungan bisa menjadi kering, kasar, dan kusam.

Sunscreen membantu menjaga kelembapan alami kulit dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, sehingga kulit tetap sehat dan lembut.

Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen

Saat memilih sunscreen, penting untuk memperhatikan SPF dan spektrum perlindungan. SPF menunjukkan seberapa baik sunscreen melindungi dari UVB.

Sementara itu, broad-spectrum berarti produk tersebut melindungi dari kedua jenis sinar UV, UVA dan UVB.

Dermatolog menyarankan penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan sehari-hari.

Penggunaan yang tepat juga penting. Sunscreen harus diaplikasikan 15-30 menit sebelum keluar rumah dan diulangi setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen di semua area yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, telinga, dan tangan.

 

Kesimpulannya, sunscreen adalah alat yang sangat penting dalam rutinitas untuk merawat kulit wajah Anda.

Manfaatnya tidak hanya terbatas pada perlindungan dari sunburn, tetapi juga meliputi pencegahan kanker kulit, penuaan dini, dan hiperpigmentasi.

Dengan memilih dan menggunakan sunscreen dengan benar, kita dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Jadi, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari, tidak peduli apakah cuaca cerah atau mendung.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *