Perlukah Pakai Sunscreen di Malam Hari? Ini Risiko dan Rekomendasi Perawatan Lainnya
Penjelasan perlukah pakai Sunscreen di malam hari dan rekomendasi perawatan kulit di malam hari. (Pexels/Laryssa Suaid)

SKINCARE PEDIA –¬†Fungsi utama sunscreen adalah mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini, sunburn, dan risiko kanker kulit.

Pertanyaan yang sering muncul adalah: perlukah menggunakan sunscreen di malam hari?

Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut adalah penjelasan tentang fungsi sunscreen dan kebutuhan perawatan kulit di malam hari.

Fungsi Utama Sunscreen

Sunscreen mengandung bahan aktif seperti zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, atau oxybenzone yang bekerja dengan menyerap atau memantulkan sinar UV dari kulit.

Penggunaan sunscreen setiap pagi adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit untuk melindungi dari bahaya sinar UV sepanjang hari.

Perlukah Pakai Sunscreen di Malam Hari?

Secara logis, karena tidak ada paparan sinar UV pada malam hari, penggunaan sunscreen di waktu tersebut sebenarnya tidak diperlukan.

Fungsi utama sunscreen tidak relevan di malam hari karena tidak ada sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Berikut beberapa alasan mengapa sunscreen tidak perlu digunakan di malam hari:

1. Tidak Ada Paparan Sinar UV

Malam hari tidak memiliki paparan sinar UV yang berbahaya, sehingga perlindungan dari sunscreen menjadi tidak relevan. Kulit tidak memerlukan perlindungan UV di dalam ruangan pada malam hari.

2. Potensi Iritasi

Beberapa sunscreen mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi jika Anda gunakan secara berlebihan atau tanpa alasan yang tepat.

Menggunakan sunscreen di malam hari bisa meningkatkan risiko iritasi kulit, terutama bagi mereka dengan kulit sensitif.

Perawatan Kulit Malam Hari

Malam hari adalah waktu yang ideal untuk merawat kulit dengan produk yang memiliki formulasi khusus untuk regenerasi dan perbaikan kulit.

Produk seperti krim malam, serum, dan pelembap yang kaya akan antioksidan, retinol, atau hyaluronic acid lebih bermanfaat di malam hari.

Produk-produk ini membantu memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi sepanjang hari dan mendukung proses regenerasi kulit alami saat tidur.

Produk Perawatan Kulit yang Direkomendasikan di Malam Hari

Alih-alih menggunakan sunscreen di malam hari, lebih baik fokus pada produk perawatan kulit yang mendukung perbaikan dan regenerasi kulit. Beberapa produk yang direkomendasikan meliputi:

1. Krim Malam

Krim malam biasanya lebih kaya dan lebih melembapkan daripada pelembap biasa. Produk ini memiliki formulasi untuk menutrisi dan memperbaiki kulit saat Anda tidur.

2. Serum

Serum dengan bahan aktif seperti vitamin C, retinol, atau hyaluronic acid dapat menargetkan masalah kulit tertentu seperti kerutan, hiperpigmentasi, atau kekeringan.

3. Pelembap

Pelembap membantu menjaga hidrasi kulit dan mendukung penghalang kulit yang sehat. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

4. Eksfoliasi

Menggunakan produk eksfoliasi seperti AHA atau BHA di malam hari dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit.

Secara umum, menggunakan sunscreen di malam hari tidak Anda perlukan dan bahkan bisa menjadi tidak bermanfaat bagi kulit.

Fokuslah pada perawatan kulit yang tepat untuk malam hari dengan menggunakan produk yang membantu regenerasi dan perbaikan kulit.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *