Tips Ampuh Mengatasi Mata Pedih Akibat Sunscreen, Ketahui Kandungan Penyebabnya
Tips ampuh mengatasi mata pedih saat menggunakan sunscreen. (Pexes/Ron Lach)

SKINCARE PEDIA – Sunscreen menjadi produk andalan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Bagi sebagian pengguna sunscreen mengalami mata pedih setelah menggunakan sunscreen.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah tersebut, termasuk penggunaan obat tetes mata dan menghindari kandungan tertentu dalam sunscreen.

Mengatasi Mata Pedih Akibat Sunscreen

1. Hindari Sunscreen dengan Kandungan Octyl Methoxycinnamate

Octyl methoxycinnamate adalah salah satu bahan yang sering ada dalam sunscreen chemical.

Meskipun efektif melindungi kulit dari sinar UV, bahan ini bisa sulit kita ratakan dan sering menyebabkan sensasi pedih, terutama pada kulit sensitif atau jika tidak sengaja masuk ke mata.

Untuk mengurangi risiko mata pedih, pilihlah sunscreen tanpa kandungan octyl methoxycinnamate.

2. Aplikasikan Sunscreen dengan Teknik yang Benar

Penggunaan sunscreen yang tepat dapat membantu mencegah mata pedih. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti:

  • Hindari Area Sekitar Mata: Saat mengaplikasikan chemical sunscreen, hindari area sekitar mata. Sunscreen chemical lebih cenderung menyebabkan iritasi jika kiat bandingkan sunscreen mineral.
  • Gunakan Mineral Sunscreen: Sunscreen mineral, yang mengandung bahan seperti zinc oxide atau titanium dioxide, cenderung lebih lembut di kulit dan kurang menyebabkan iritasi. Aplikasikan mineral sunscreen dengan membentuk lingkaran di area sekitar mata untuk melindungi kulit tanpa menyentuh mata secara langsung.
  • Gunakan Teknik Aplikasi yang Tepat: Oleskan sunscreen dengan gerakan memutar lembut, hindari menggosok terlalu keras yang dapat menyebabkan produk berpindah ke area mata. Pastikan sunscreen telah meresap sebelum keluar rumah.

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Jika mata tetap pedih meskipun sudah berhati-hati saat mengaplikasikan sunscreen, obat tetes mata bisa menjadi solusi sementara.

Pilih obat tetes mata untuk meredakan iritasi dan kemerahan. Gunakan sesuai petunjuk pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter jika mata pedih berlanjut.

4. Gunakan Krim Pelembap

Mengaplikasikan krim pelembap di sekitar mata sebelum menggunakan sunscreen dapat membantu melindungi area sensitif ini.

Pelembap akan bertindak sebagai penghalang, mengurangi risiko sunscreen masuk ke mata. Pilih pelembap yang hipoalergenik dan bebas pewangi untuk mengurangi risiko iritasi.

5. Pilihan Sunscreen yang Lebih Aman

Selain menghindari octyl methoxycinnamate, perhatikan juga bahan-bahan lain yang dapat menyebabkan iritasi.

Beberapa sunscreen mengandung bahan tambahan seperti parfum atau alkohol yang bisa membuat kulit sekitar mata lebih sensitif. Pilih sunscreen yang memiliki formula khusus untuk kulit sensitif atau yang khusus untuk wajah.

Penutup

Mengatasi mata pedih karena sunscreen memerlukan perhatian pada pemilihan produk dan cara aplikasinya. Hindari sunscreen dengan kandungan octyl methoxycinnamate yang sulit diratakan dan cenderung menyengat.

Gunakan sunscreen mineral yang lebih lembut di kulit, dan aplikasikan dengan hati-hati di sekitar mata.

Selain itu, penggunaan krim pelembap di sekitar mata sebelum mengaplikasikan sunscreen bisa memberikan lapisan pelindung tambahan. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat melindungi kulit dari sinar UV tanpa mengalami mata pedih.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *