Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Bruntusan/Freepik

SKINCARE PEDIA – Memilih sunscreen yang tepat bisa menjadi tantangan, terutama bagi Anda yang sedang memiliki kulit bruntusan.

Kulit bruntusan sering kali sensitif dan rentan terhadap jerawat. Oleh karena itu, membutuhkan perlindungan matahari yang lembut dan tidak menyumbat pori-pori.

Kabar baiknya, redaksi akan menyajikan beberapa tips untuk memilih sunscreen yang cocok untuk kulit bruntusan. Bahkan, terdapat rekomendasi produk.

Nah, jika penasaran dengan sunscreen yang cocok untuk kulit bruntusan, Anda bisa menyimak artikel ini sampai akhir. Yuk, simak.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Bruntusan 

1. Pilih Sunscreen Non-Komedogenik

Sunscreen non-komedogenik tidak menyumbat pori-pori, sehingga sangat ideal untuk kulit bruntusan.

Produk ini mengurangi risiko timbulnya jerawat baru dan memperburuk kondisi kulit yang sudah berjerawat.

Nah, saat memilih sunscreen, periksa label produk dan pastikan tercantum non-komedogenik.

2. Gunakan Sunscreen dengan Bahan Dasar Mineral

Sunscreen dengan bahan dasar mineral, seperti zinc oxide dan titanium dioxide, biasanya lebih lembut di kulit dan cenderung tidak menyebabkan iritasi atau jerawat.

Bahan ini membentuk lapisan pelindung di atas kulit yang memantulkan sinar UV, berbeda dengan sunscreen kimia yang menyerap sinar UV dan menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

3. Hindari Bahan yang Mengiritasi

Bagi kulit bruntusan, penting untuk menghindari sunscreen yang mengandung alkohol, pewangi, dan minyak berat yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu iritasi.

Pilihlah produk yang memiliki formula ringan dan bebas dari bahan-bahan tersebut. Sunscreen dengan label fragrance-free dan oil-free biasanya lebih aman untuk digunakan.

4. Pilih Sunscreen dengan SPF yang Tepat

SPF adalah indikator seberapa baik sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Untuk kulit bruntusan, direkomendasikan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Namun, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata dan mengulang penggunaannya setiap dua jam atau setelah berkeringat atau berenang.

Rekomendasi Produk Sunscreen untuk Kulit Bruntusan

1. La Roche-Posay Anthelios Clear Skin Dry Touch Sunscreen SPF 60  

Produk ini menawarkan perlindungan tinggi dengan formula non-komedogenik dan bebas minyak, cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

2. Neutrogena Clear Face Break-Out Free Liquid-Lotion Sunscreen SPF 55 

Sunscreen ini ringan dan tidak menyebabkan jerawat, serta memberikan perlindungan luas dari sinar UVA dan UVB.

3. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46 

Mengandung niacinamide yang membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan, menjadikannya pilihan ideal untuk kulit bruntusan.

 

Memilih sunscreen yang tepat untuk kulit bruntusan membutuhkan perhatian khusus terhadap bahan dan formula yang digunakan.

Pastikan untuk selalu memilih produk non-komedogenik, berbahan dasar mineral, dan bebas dari bahan iritatif.

Dengan demikian, kulit Anda tetap terlindungi dari sinar matahari tanpa memperburuk kondisi bruntusan.

Menggunakan sunscreen yang tepat tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV tetapi juga membantu menjaga kesehatan dan keindahan kulit Anda.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *