Urutan Pemakaian Sunscreen/Freepik

SCINCAREPEDIA- Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV) matahari.

Sunscreen bekerja dengan menyerap atau memantulkan sinar UV, sehingga mencegah kerusakan kulit seperti penuaan dini, sunburn, dan risiko kanker kulit.

Namun, bagaimana urutan pemakaian sunscreen dengan skincare lain? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa simak artikel ini sampai akhir.

Pasalnya, terdapat dua jenis utama sunscreen, yakni sunscreen fisik (mineral) yang mengandung bahan aktif seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

Kemudian, ada juga sunscreen kimia yang mengandung bahan aktif seperti avobenzone, oxybenzone, dan octinoxate. Masing-masing jenis punya fungsi yang berbeda.

Misalnya, untuk sunscreen fisik bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit yang memantulkan sinar UV.

Sementara sunscreen kimia menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian dilepaskan oleh kulit.

Urutan Penggunaan Sunscreen dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Penggunaan sunscreen yang benar sangat penting untuk memastikan perlindungan maksimal. Berikut urutan penggunaan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit harian.

1. Pembersih (Cleanser)

Langkah pertama adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Hal ini penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang dapat menghalangi penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan sisa-sisa pembersih.

Kemudian, toner juga dapat membantu menyiapkan kulit untuk langkah-langkah perawatan berikutnya.

3. Serum

Serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi yang menargetkan masalah kulit spesifik seperti penuaan, hiperpigmentasi, atau jerawat. Oleskan serum setelah toner dan sebelum pelembab.

4. Pelembap (Moisturizer)

Pelembab berguna untuk menghidrasi dan mengunci kelembaban di kulit. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah itu kulit kering, berminyak, atau kombinasi.

5. Sunscreen

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan sunscreen. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata ke seluruh wajah dan leher.

Sunscreen harus diaplikasikan sekitar 15-30 menit sebelum keluar rumah untuk memberikan waktu bagi produk untuk menyerap dan mulai bekerja dengan efektif.

Untuk perlindungan optimal, aplikasikan kembali setiap dua jam, terutama jika Anda banyak berkeringat atau setelah berenang.

Mengapa Penggunaan Sunscreen Penting?

Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan DNA di sel kulit, yang berpotensi memicu kanker kulit.

Selain itu, sinar UV juga mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan kerutan, flek hitam, dan kehilangan elastisitas.

Menggunakan sunscreen secara rutin tidak hanya melindungi kulit dari risiko kesehatan serius tetapi juga membantu menjaga penampilan kulit yang sehat dan muda.

Tip Memilih Sunscreen

  • SPF (Sun Protection Factor): Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan sehari-hari. SPF 30 mampu menghalangi sekitar 97 persen sinar UVB.
  • Broad-Spectrum: Pastikan sunscreen berlabel broad-spectrum yang berarti melindungi dari sinar UVA dan UVB.
  • Water-Resistant: Jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan atau berenang, pilih sunscreen yang tahan air.

Dengan pemahaman yang tepat tentang pengertian dan urutan penggunaan sunscreen, Anda dapat melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *