Urutan Skincare Pagi yang Optimal Untuk kesehatan Kulit

Urutan Skincare Pagi yang Optimal Untuk kesehatan Kulit


Dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, tentunya orang-orang semakin bingung bagaimana cara menggunakan urutan skincare yang tepat. Pemakaian skincare sendiri memang bertujuan untuk merawat kulit, namun bagaimana cara menggunakan urutan skincare pagi yang tepat dan optimal. 

Pada dasarnya skincare pagi dan skincare malam memiliki prinsip urutan dan tahapan yang sama yaitu CTMP atau Cleanse, Tone, Moisturize, dan Protect. Namun biasanya produk yang digunakan berbeda. Bahan aktif yang digunakan pada skincare pagi tentunya bukan bahan aktif yang mengeksfoliasi kulit sehingga kulit tidak menjadi sensitif dan meradang saat terkena cahaya matahari. 

Berikut urutan skincare pagi yang optimal untuk menjaga keindahan dan kesehatan kulit. 

1.Sabun Pembersih Wajah

Mencuci muka setelah bangun tidur memang merupakan salah satu cara yang membuat kulit terasa lebih segar. Jika di malam sebelumnya Anda menggunakan sleeping mask sebagai step terakhir dalam skincare, maka sebaiknya Anda membilas wajah dengan air hangat terlebih dahulu sebelum mencuci muka. 

Setelah itu gunakan sabun pembersih wajah atau cleansing foam favorit. Gunakan cleansing foam dengan bahan dasar air yang ringan dan melembabkan. Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan cleansing foam yang memiliki pH rendah agar kulit tidak terasa kering dan tertarik. 

2.Toner Wajah

Step selanjutnya adalah dengan menggunakan toner wajah. Toner yang digunakan dapat yang bersifat melembabkan ataupun yang bersifat astringen untuk menjaga agar pori-pori tertutup dan kulit tetap segar. Toner juga berfungsi untuk menormalkan kembali pH kulit sehingga produk skincare lainnya dapat meresap dengan lebih baik. Selain itu toner wajah juga dapat digunakan secara langsung dengan cara menepuk-nepukkan produk langsung ke wajah atau dengan menggunakan aplikator seperti kapas. 

Selain itu toner yang bersifat hydrating atau melembabkan juga bisa digunakan menjadi masker dengan menggunakan metode CSM. Caranya tuangkan toner pada kapas, kemudian tempelkan kapas tersebut di wajah seperti menggunakan sheet mask. Selain menggunakan toner wajah, Anda juga bisa menggunakan essence untuk metode ini. 

3. Moisturizer

Setelah toner, gunakan moisturizer untuk melembabkan wajah. Moisturizer yang digunakan bisa berbentuk gel, cream, liquid, ataupun bentuk lainnya. Pelembab atau moisturizer akan memberikan kelembaban ekstra sehingga kulit menjadi lebih glowing dan sehat. Selain itu kulit yang lembab tentunya akan membuat make up yang digunakan juga lebih menempel dan awet. 

Bentuk moisturizer sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Untuk kulit kering dapat menggunakan moisturizer yang berbentuk cream sehingga kulit lebih lembab, sedangkan untuk kulit berminyak, tekstur gel ataupun cair lebih cocok. 

Jika tidak menyukai penggunaan moisturizer, pastikan kulit sudah cukup lembab dengan menggunakan toner, essence, dan serum yang melembabkan. Hal ini penting karena kelembaban kulit adalah kunci kesehatan kulit. 

4. Protection/Sunscreen

Setelah menggunakan moisturizer, gunakan juga sunscreen atau tabir surya. Dalam beberapa produk, sunscreen juga sering disebut sebagai tirai. Fungsi tabir surya sendiri adalah melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sinar UV sendiri dapat menimbulkan bahaya kepada kulit, terutama jika terekspos dalam waktu lama, misalnya kerutan, flek hitam, jerawat, dan masih banyak lagi. 

Ada berbagai macam jenis sunscreen, lengkap dengan SPF-nya. Semakin terang kulit kita, semakin tinggi juga SPF yang dibutuhkan. Sesuaikan jenis sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulit. Gunakan sunscreen sebanyak ¼ sendok teh atau sepanjang jari tengah dan jari telunjuk. 

Urutan skincare pagi ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Jika urutan skincare ini masih dirasa kurang, maka tambahkan beberapa step seperti serum, essence, maupun sheet mask sebelum menggunakan moisturizer. Dengan menggunakan urutan skincare pagi yang tepat maka kesehatan kulit juga lebih terjaga dan make up lebih awet menempel seharian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *